Rini, Sulistyo (2009) Hubungan kompetensi guru akuntansi dengan prestasi belajar siswa dalam mata pelajaran akuntansi di SMK Ardjuna 01 Malang / Sulistyo Rini. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Rini Sulistyo. 2008. Hubungan Kompetensi Guru Akuntansi dengan Prestasi Prestasi Belajar Siswa dalam Mata Pelajaran Akuntansi Siswa Kelas XI dan XII-Akuntansi di SMK Ardjuna 01 Malang. Skripsi Jurusan Akuntansi Program Study Pendidikan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Eka Ananta Sidharta S.E M.A A.K. (II) Drs. H. Sumadi S.E M.M. Kata Kunci Kompetensi Guru dan Prestasi Belajar Perkembangan zaman dengan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi menuntut adanya guru yang menguasai kompetensi mengajar yang baik sehingga guru lebih mampu menciptakan lingkungan belajar yang efektif. Kompetensi guru merupakan faktor ekstrinsik yang mempengaruhi prestasi belajar siswa. Faktor ekstrinsik adalah faktor pendorong dari luar untuk membangkitkan semangat siswa. Kompetensi guru diklasifikasikan menjadi sepuluh kompetensi yaitu kompetensi menguasai bahan mengelola kelas menggunakan media/sumber belajar menguasai landasan pendidikan menilai prestasi siswa untuk kepentingan pengajaran mengenal fungsi layanan bimbingan dan penyuluhan menyelenggarakan administrasi sekolah dan mengenal prinsip-prinsip dan hasil penelitian pendidikan guna keperluan pengajaran. Penelitian ini memiliki dua variabel yaitu variabel bebas (X) kompetensi guru akuntansi dan variabel terikat (Y) prestasi belajar siswa dalam mata pelajaran akuntansi. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI dan XII-Akuntansi SMK Ardjuna 01 Malang pada tahun 2006/2007. Analisis hasil penelitian yang dipakai adalah analisis korelasi. Instrumen yang digunakan untuk mengambil mengambil data penelitian angket tertutup atau kuesioner. Sedangkan data prestasi belajar siswa diperoleh dari dokumen sekolah yang berupa nilai raport semester genap tahun pelajaran 2006/2007. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan gambaran secara objektif tentang (1) Kompetensi guru akuntansi di SMK Ardjuna 01 Malang (2) Prestasi belajar siswa dalam mata pelajaran akuntansi di SMK Ardjuna 01 Malang (3) Hubungan kompetensi guru akuntansi dengan prestasi belajar siswa kelas XI dan XII-Akuntansi SMK Ardjuna 01 Malang. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Kompetensi guru yang ada di SMK Ardjuna 01 Malang adalah baik (2) Sedangkan prestasi belajar siswa dalam mata pelajaran akuntansi kelas XI dan XII-Akuntansi di SMK Ardjuna 01 Malang dari hasil raport semester genap diperoleh hasil baik (3) Dari hasil analisis diperoleh rxy hitung lebih besar dari rxy tabel yaitu rxy hitung 0 416 0 266. Maka hipotesis nol (Ho) ditolak dan hipotesis (Ha) diterima. Ada hubungan yang positif dan signifikan antara kompetensi guru akuntansi dengan prestasi belajar siswa mata pelajaran akuntansi. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini kiranya dapat digunakan oleh pihak-pihak yang berkecimpung di dunia pendidikan untuk meningkatkan kemampuan guru dalam mengajar.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 06 Mar 2009 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2009 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/34199 |
Actions (login required)
View Item |