Pengaruh persepsi siswa tentang kebijakan ujian nasional, minat, dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa kelas XII Program Ilmu Sosial SMA Negeri 1 Pasuruan / Nunuk Suryanti - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh persepsi siswa tentang kebijakan ujian nasional, minat, dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa kelas XII Program Ilmu Sosial SMA Negeri 1 Pasuruan / Nunuk Suryanti

Suryanti, Nunuk (2009) Pengaruh persepsi siswa tentang kebijakan ujian nasional, minat, dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa kelas XII Program Ilmu Sosial SMA Negeri 1 Pasuruan / Nunuk Suryanti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Suryanti Nunuk. 2008. Pengaruh Persepsi Siswa tentang Kebijakan Ujian Nasional Minat dan Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar Siswa kelas XII Program Ilmu Sosial SMA Negeri 1 Pasuruan. Skripsi. Jurusan Akuntansi Program Studi S1 Pendidikan Akuntansi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Tuhardjo S.E. M.Si. Ak. (2) Sriyani Mentari S.Pd. M.M. Kata Kunci Persepsi Minat Motivasi dan Prestasi Belajar. Ujian Nasional merupakan persyaratan yang wajib ditempuh siswa untuk lulus dalam jenjang pendidikan SD SMP dan SMA. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh yang signifikan dari persepsi siswa tentang Kebijakan Ujian Nasional terhadap prestasi belajar kemudian untuk mengetahui apakah ada pengaruh dari minat dan motivasi terhadap prestasi belajar. Populasi penelitian yang digunakan adalah siswa kelas XII program Ilmu Sosial SMA Negeri 1 Pasuruan dengan jumlah 61 siswa. Variabel dalam penelitian ini adalah persepsi siswa tentang kebijakan Ujian Nasional (X1) minat belajar (X2) motivasi belajar (X3) dan prestasi belajar (Y) dengan hipotesis penelitian sebagai berikut. (1) Ada pengaruh signifikan dari persepsi siswa tentang kebijakan Ujian Nasional terhadap prestasi belajar (2) ada pengaruh yang signifikan dari minat belajar terhadap prestasi belajar (3) ada pengaruh yang signifikan dari motivasi belajar terhadap prestasi belajar. Hasil pengujian hipotesis berdasarkan hasil analisis data menyatakan bahwa (1) ada pengaruh yang signifikan dari persepsi siswa tentang kebijakan Ujian Nasional terhadap prestasi belajar hal ini terbukti dari nilai Sig.t 945 yaitu 0 000 0 05. (2) Ada pengaruh yang signifikan dari minat belajar siswa terhadap prestasi belajar hal ini terbukti dari nilai Sig.t 945 yaitu 0 000 0 05. (3) Terbukti ada pengaruh yang signifikan dari motivasi belajar terhadap prestasi belajar karena nilai nilai Sig.t 945 yaitu 0 000 0 05. Untuk melihat apakah persepsi siswa tentang kebijaka Ujian Nasional minat dan motivasi belajar berpengaruh secara simultan terhadap prestasi belajar berdasarkan analisis data dapat dilihat bahwa nilai Sig. F 945 (0 000 0 05) itu berarti terbukti bahwa memang ada pengaruh secara simultan dari persepsi siswa tentang kebijaka Ujian Nasional minat dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar. Dari ketiga variabel bebas persepsi siswa tentang kebijakan Ujian Nasional (X1) minat (X2) dan motivasi belajar (X3) yang paling berpengaruh dominan terhadap prestasi belajar akuntansi (Y) adalah minat belajar akuntansi karena koefisien regresinya paling tinggi daripada koefisien regresi variabel-variabel yang lain. Saran yang diberikan penulis adalah (1) bagi peneliti selanjutnya yang ingin meneliti dengan judul yang sama dengan subjek penelitian siswa kelas XII Program Ilmu Sosial sebaiknya memperluas jumlah populasi yang akan diteliti karena penelitian ini hanya mengambil populasi dari siswa kelas XII Program Ilmu Sosial SMA Negeri 1 Pasuruan saja. (2) Guru bidang studi akuntansi dapat menggunakan metode pengajaran yang lebih menarik agar belajar terasa tidak membosankan dan menyenangkan dengan demikian dapat lebih meningkatkan minat siswa yang sudah mempunyai minat belajar yang tinggi dan dapat menjadikan siswa berminat bagi yang masih belum berminat dengan mata pelajaran akuntansi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 17 Jul 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/34198

Actions (login required)

View Item View Item