Ummah, S. Hidayatul (2009) Pengaruh efektivitas pemanfaatan dana bantuan khusus murid (BKM) terhadap motivasi dan prestasi belajar siswa di SMK Ardjuna 1 Malang semester genap tahun ajaran 2007/2008 / S. Hidayatul Ummah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Ummah S. Hidayatul. Pengaruh Efektivitas Pemanfaatan Dana Bantuan Khusus Murid Terhadap Motivasi dan Prestasi Belajar Di SMK Ardjuna 1 Malang. Skripsi jurusan akuntansi program studi pendidikan akuntansi fakultas ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dra.Hj. Sutatmi S.E. M.Pd. M.Si Ak (2) Makaryanawati S.E M.Si Ak Kata Kunci Efektivitas pemanfaatan dana Bantuan Khusus Murid (BKM) motivasi belajar prestasi belajar. Dana Bantuan Khusus Murid (BKM) adalah salah satu manifestasi dari program kompensasi pengurangan subsidi (PKPS) BBM yang ditujukan untuk membantu siswa memenuhi kebutuhan biaya sekolah selama duduk di bangku sekolah. Maksud dari pemberian dana BKM adalah untuk memenuhi kebutuhan masyarakat keluarga kurang atau tidak mampu akan layanan pendidikan jenjang Sekolah Lanjutan Atas dan yang sederajad. Dengan adanya dana BKM ini dapat membantu dan meringankan beban siswa akan biaya pendidikan yang mahal. Siswa yang mendapat dana BKM ini bisa belajar lebih tenang dan berkonsentrasi tanpa harus terbebani dengan biaya pendidikan dengan begitu siswa akan termotivasi untuk meningkatkan hasil belajarnya. Penelitian yang dilakukan pada siswa SMK Ardjuna 1 Malang yang menerima dana Bantuan Khusus Murid (BKM) ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Efektivitas Pemanfaatan Dana Bantuan Khusus Murid (BKM) terhadap Motivasi belajar dan Prestasi Belajar Siswa Di SMK Ardjuna 1 Malang . Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa SMK Ardjuna 1 Malang yang mendapat dana BKM yang berjumlah 50 orang. Pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Rancangan penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif dan teknik analisis yang digunakan adalah metode statistik dan path analysis (analisis jalur). Berdasarkan hasil analisis data diperoleh kesimpulan bahwa terdapat pengaruh positif efektivitas pemanfaatan dana BKM terhadap prestasi belajar siswa. Hal ini ditunjukkan dari nilai standarisasi koefisien beta sebesar 0 397. Terdapat pengaruh positif efektifitas pemanfaatan dana Bantuan Khusus Murid (BKM) terhadap motivasi belajar siswa. Terbukti dari hasil analisis nilai standarisasi koefisien beta sebesar 0 301. Terdapat pengaruh positif motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa. Hal ini terbukti dari nilai standarisasi koefisien beta sebesar 0 841. Terdapat pengaruh tidak langsung efektivitas pemanfaatan dana Bantuan Khusus Murid (BKM) terhadap prestasi belajar siswa melalui motivasi belajar. Hal ini terbukti dengan nilai pengaruh total yang diperoleh sebesar 0 554. Dari hasil penelitian di atas maka penulis menyarankan kepada pihak sekolah hendaknya mampu mempertahankan keefektifan pemanfaatan dana BKM dengan memberi pengarahan kepada siswa penerima dana BKM serta ikut mengawasi pemanfaatan dari dana BKM itu sendiri.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 12 Mar 2009 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2009 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/34172 |
Actions (login required)
View Item |