Pengaruh kebiasaan belajar, motivasi belajar, lingkungan keluarga dan ketersediaan sumber belajar di Rumah terhadap prestasi belajar siswa pada mata diklat siklus akuntansi di SMK PGRI 6 Malang / Aji Dharma Ertanto - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh kebiasaan belajar, motivasi belajar, lingkungan keluarga dan ketersediaan sumber belajar di Rumah terhadap prestasi belajar siswa pada mata diklat siklus akuntansi di SMK PGRI 6 Malang / Aji Dharma Ertanto

Ertanto, Aji Dharma (2009) Pengaruh kebiasaan belajar, motivasi belajar, lingkungan keluarga dan ketersediaan sumber belajar di Rumah terhadap prestasi belajar siswa pada mata diklat siklus akuntansi di SMK PGRI 6 Malang / Aji Dharma Ertanto. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia maka harus ada suatu keseimbangan antara sistem tenaga pendidik peserta didik dan fasilitas pendidikan. Yang lebih terutama adalah peserta didik. Peserta didik atau siswa memiliki porsi yang sangat besar dalam posisinya untuk meningkatkan kualitas pendidikan. Tentunya hal ini berkaitan dengan bagaimana siswa menyerap ilmu yang diterimanya dan memahaminya.Dalam memahami suatu ilmu siswa perlu memiliki kebiasaan dan motivasi belajar yang baik. Selain itu lingkungan keluarga yang kondusif dan tersedianya sumber belajar di rumah juga turut membantu siswa memahami suatu ilmu Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh secara parsial dan simultan kebiasaan belajar motivasi belajar lingkungan keluarga dan ketersediaan sumber belajar di rumah terhadap prestasi belajar siswa pada mata diklat siklus akuntansi di SMK PGRI 6 Malang. Penelitian ini dilakukan di SMK PGRI 6 Malang subjek penelitiannya adalah seluruh siswa kelas X program akuntansi yang berjumlah 39 siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif korelasional teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kebiasaan belajar motivasi belajar lingkungan keluarga dan ketersediaan sumber belajar berpengaruh positif signifikan terhadap prestasi belajar siswa pada mata diklat siklus akuntansi di SMK PGRI 6 Malang dengan masing-masing thitung sebesar 2 110 2 321 2 439 2 054. Diketahui secara simultan bahwa kebiasaan belajar motivasi belajar lingkungan keluarga dan ketersediaan sumber belajar berpengaruh positif signifikan terhadap prestasi belajar siswa pada mata diklat siklus akuntansi di SMK PGRI 6 Malang dengan diperoleh nilai F sebesar 132 017. Saran yang dapat diberikan yaitu (1) pemberian dorongan atau motivasi berupa reward and punishment oleh guru agar siswa dapat meningkatkan prestasinya pada mata diklat siklus akuntansi (2) siswa perlu memotivasi dirinya untuk menciptakan kebiasaan belajar yang baik agar berprestasi lebih baik lagi pada mata diklat siklus akuntansi (3) menciptakan lingkungan keluarga yang baik akan memberi dorongan kepada siswa untuk belajar lebih giat lagi sehingga prestasi belajar siswa pada mata diklat siklus akuntansi menjadi lebih baik (4) penyediaan sarana belajar yang lengkap di sekolah member dorongan kepada siswa untuk lebih giat belajar dan memperoleh prestasi yang baik pada mata diklat siklus akuntansi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 10 Aug 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/34161

Actions (login required)

View Item View Item