Budiawan, Achmad Lutfi (2010) Pengaruh motivasi dan kebiasaan belajar terhadap prestasi siswa kelas X SMK PGRI 06 Malang / Achmad Lutfi Budiawan. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Budiawan Achmad Lutfi. 2008. Pengaruh Motivasi dan Kebiasaan Belajar terhadap Prestasi Siswa Kelas X SMK PGRI 06 Malang. Skripsi Jurusan Akuntansi Program Studi Pendidikan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Nurika Restuningdiah S.E. M.Si. Ak. (II) Eka Ananta Sidharta S.E. M.M. Ak. Kata Kunci Motivasi Kebiasaan Belajar dan Prestasi. Pendidikan merupakan salah satu aspek penting dalam kehidupan di negara kita karena pendidikan merupakan salah satu sarana untuk mencapai tujuan nasional sehingga peningkatan mutu pendidikan perlu dilakukan agar tujuan nasional tersebut dapat diwujudkan. Upaya yang dilakukan pemerintah dalam meningkatkan mutu pendidikan salah satunya melalui peningkatan prestasi belajar siswa. Prestasi belajar dipengaruhi oleh beberapa faktor salah satunya adalah motivasi dan kebiasaan belajar. Motivasi berperan penting dalam meningkatkan prestasi siswa karena faktor yang menentukan prestasi belajar siswa adalah motivasi siswa untuk berprestasi selain itu prestasi belajar siswa dipengaruhi oleh kebiasaan belajarnya. Agar dapat memperoleh prestasi yang baik maka dalam kegiatan belajarnya siswa harus mempunyai sikap dan cara belajar yang baik. Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh secara parsial motivasi terhadap prestasi dan kebiasaan belajar terhadap prestasi juga pengaruh secara simultan motivasi dan kebiasaan belajar terhadap prestasi siswa kelas X SMK PGRI 06 Malang.Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X program keahlian administrasi perkantoran akuntansi dan penjualan yang berjumlah 174 siswa. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 87 siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif korelasional teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial motivasi dan kebiasaan belajar mempunyai pengaruh positif terhadap prestasi siswa kelas X SMK PGRI 06 Malang hal itu dapat diketahui dari nilai masing-masing thitung 3 352 dan 4 468. Diketahui secara simultan motivasi dan kebiasaan belajar juga berpengaruh positif terhadap prestasi siswa kela X SMK PGRI 06 Malang dengan diperoleh nilai Fhitung sebesar 21 225. Saran yang dapat diberikan yaitu (1) Bagi pihak sekolah agar fasilitas belajar di sekolah dilengkapi sehingga siswa dapat melaksanakan kegiatan belajar dengan lebih baik (2) Guru hendaknya memberikan arahan dan dorongan kepada siswa dalam rangka meningkatkan motivasi mereka dan agar siswa selalu meperbaiki kebiasaan belajar mereka (3) siswa diharapkan mampu meningkatkan motivasi belajar dan memperbaiki kebiasaan belajar agar dapat mencapai prestasi yang baik.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 18 Mar 2010 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2010 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/34160 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |