Penerapan cooperative learning dengan metode numbered heads together untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar mata diklat akuntansi perbankan pada siswa kelas X program Keahlian Akuntansi di SMK PGRI 2 Malang / Ulfa Maliki - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan cooperative learning dengan metode numbered heads together untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar mata diklat akuntansi perbankan pada siswa kelas X program Keahlian Akuntansi di SMK PGRI 2 Malang / Ulfa Maliki

Maliki, Ulfa (2009) Penerapan cooperative learning dengan metode numbered heads together untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar mata diklat akuntansi perbankan pada siswa kelas X program Keahlian Akuntansi di SMK PGRI 2 Malang / Ulfa Maliki. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Berdasarkan observasi dan wawancara dengan guru mata diklat akuntansi di SMK PGRI 2 malang diperoleh informasi bahwa proses pembelajaran akuntansi perbankan dikelas masih menggunakan metode ceramah Tanya jawab atau membahas soal dari buku. Hal ini menyebabkan siswa kurang aktif dalam pembelajaran sehingga kurang menimbulkan motivasi dalam diri siswa untuk belajar. Hal ini akan berdampak pada hasil belajar siswa yang menunjukkan bahwa masih banyak siswa yang mengikuti remidi karena skor yang diperoleh kurang memenuhi standar ketuntasan minimum yang di tetapkan oleh SMK PGRI 2 malang yaitu 75%. Untuk mengatasi masalah tersebut diperlukan strategi pembelajaran yang dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa. Strategi yang diterapkan dalam penelitian ini adalah pembelajaran kooperatif model Numbered Heads Together. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui motivasi dan hasil belajar akuntansi perbankan siswa kelas X Ak1 SMK PGRI 2 Malang melalui penerapan pembelajaran kooperatif model Numbered Heads Together. Penelitian ini merupakan penelitian non-eksperimen dengan desain Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus. Pengambilan data penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 26 maret 2008 sampai 16 april 2008. data penelitian berupa motivasi belajar siswa yang diperoleh melalui observasi dan hasil belajar siswa yang diperoleh melalui post-test pada setiap akhir siklus.Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I motivasi belajar siswa pada siklus I sebesar 55 89% dengan kategori kurang dan mengalami peningkatan menjadi 65 79% dengan kategori cukup pada siklus II. Sedangkan pada hasil belajar juga mengalami peningkatan Sebelum diberikan tindakan skor rata-rata hasil belajar sebesar 68 57 dengan ketuntasan belajar 57 14% pada siklus II skor rata-rata meningkat menjadi 71 02 dengan ketuntasan belajar sebesar 69 59% dan pada siklus II meningkat lagi dengan skor rata-rata 78 98 dengan ketuntasan belajar sebesar 78 98%. Siklus I dan siklus II ini masih dikatakan belum mencapai ketuntasan belajar secara klasikal karena belum bisa mencapai 85% dari jumlah siswa yang mencapai daya serap 8805 75%. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran kooperatif model Numbered Heads Together dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa pada mata diklat akuntansi perbankan siswa kelas X SMK PGRI 2 Malang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 02 Apr 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/34144

Actions (login required)

View Item View Item