Wijayanti, Murni (2009) Pengembangan pembelajaran akuntansi dengan pendekatan konstruktivistik melalui metode problem based learning untuk meningkatkan prestasi belajar di SMK Muhammadiyah 2 Malang / Murni Wijayanti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Pembelajaran akuntansi yang diterapkan di SMK Muhammadiyah 2 Malang adalah model ceramah penugasan tanya jawab. Selain itu diketahui bahwa kegiatan pembelajaran masih berorientasi pada target kurikulum sehingga apa yang dikerjakan siswa kurang bermakna. Siswa hanya memberikan soal-soal untuk dikerjakan dan tidak memahami konsep pembelajaran tersebut. Hal ini menyebabkan siswa kurang bisa mengembangkan kemampuan dan potensi yang dimiliki. Hal ini akan berakibat pada kurangnya pemahaman siswa terhadap materi yang dipelajari sehingga prestasi belajar siswa khususnya pada kelas akuntansi kurang optimal. Agar siswa memiliki kemampuan dalam memahami konsep materi sikap positif serta kerampilan dalam pembelajaran ini maka digunakan pendekatan konstruktivistik metode problem based learning. Melalui pendekatan konstruktivistik guru akan menggali pengetahuan awal siswa terhadap materi dan siswa yang membangun sendiri pemahannya guru sebagai fasilitator. Kemudian dilanjudkan metode problem based learning dimana guru (1) mengorientasikan siswa pada masalah (2) mengorganisasikan siswa untuk belajar (3) membantu penyelidikan individu atau kelompok (4) menyajikan hasil karya (5) analisis dan evaluasi pemecahan masalah. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan bentuk penelitian tindakan kelas. Rancangan penelitian disusun dalam dua siklus dimana tiap-tiap siklus meliputi (1) perencanaan (2) Pelaksanaan (3) Observasi (4) Refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi wawancara tes dokumentasi angket. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) aktivitas siswa dan guru dalam mengikuti pembelajaran akuntansi dengan pendekatan konstruktivistik metode problem based learning (2) persepsi siswa terhadap pembelajaran akuntansi dengan pendekatan konstruktivistik metode problem based learning (3) persepsi guru terhadap pembelajaran akuntansi dengan pendekatan konstruktivistik metode problem based learning (4) pengembangan pembelajaran pembelajaran akuntansi dengan pendekatan konstruktivistik metode problem based learning dapat meningkatkan prestasi belajar siswa di SMK Muhammadiyah 2 Malang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran akuntansi yang diterapkan menjadikan siswa lebih aktif dalam hal ini guru sebagai fasilitator dan memberikan bimbingan pada siswa. Aktivitas siswa yang meliputi mendengarkan penjelasan guru tentang tujuan dan materi yang dipelajari menjawab pertanyaan membentuk kelompok belajar mempresentasikan hasil diskusi mengikuti jalannya diskusi dengan memberikan pertanyaan sanggahan tanggapan atas jawaban yang diberikan dan menyimpulkan hasil diskusi pada siklus I 87 5 %
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 05 Mar 2009 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2009 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/34137 |
Actions (login required)
View Item |