M. Muflih Mukafi (2009) Peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran akuntansi dengan menggunakan pendekatan scaffolding di SMK PGRI 6 Malang / M. Muflih Mukafi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Pendekatan scaffolding merupakan suatu pendekatan dengan memberikan sejumlah bantuan kepada siswa selama tahap-tahap awal pembelajaran kemudian mengurangi bantuan dan memberikan kesempatan untuk mengambil alih tanggung jawab yang semakin besar setelah siswa dapat melakukannya sendiri. Pendekatan scaffolding ini merupakan salah satu pendekatan dalam pembelajaran konstruktivism yang dapat meningkatkan motivasi dan prestasi siswa dalam belajar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk (1) mendeskripsikan aktivitas siswa dalam penerapan pendekatan scaffolding untuk pembelajaran akuntansi kelas X AK di SMK PGRI 6 Malang (2) mengetahui peningkatan hasil belajar siswa kelas X AK melalui penerapan pendekatan scaffolding untuk pembelajaran akuntansi di SMK PGRI 6 Malang. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Pelaksanaan penelitian tindakan kelas ini dilakukan melalui dua siklus dan setiap siklus terdiri dari tiga tahap. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X AK Jurusan Akuntansi SMK PGRI 6 Malang. Data hasil hasil belajar siswa diperoleh dari tingkat ketuntasan hasil pengerjaan LKS dan test evaluasi dengan penilaian yang pada ranah kognitif. Aktivitas siswa dan peneliti diperoleh dari data observasi catatan lapangan dan wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas siswa dalam proses pembelajaran pada siklus I dan siklus II mengalami peningkatan yaitu sebesar 22% dari 68% menjadi 90%. Hasil belajar siswa mengalami peningkatan. Rata-rata kelas yang dicapai oleh siswa pada siklus I sebesar 75 mengalami peningkatan sebesar 7 5 poin pada siklus II menjadi 82 5 dan ketuntasan belajar klasikal mengalami peningkatan sebesar 17 4 % dari 70 7% pada siklus I menjadi 88 1% pada siklus II yaitu 37 siswa dari 42 siswa kelas X AK telah mencapai ketuntasan belajar klasikal. Berdasarkan hasil penelitian ini disarankan bahwa dalam pengelolaan pembelajaran yang membutuhkan kreativitas guru dalam mensetting pembelajaran sehingga menyenangkan bagi siswa pendekatan scaffolding dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif pendekatan pembelajaran akuntansi dan bagi peneliti berikutnya disarankan untuk melakukan penelitian untuk mata diklat yang sama atau mata diklat yang lainnya di tempat yang berbeda.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 16 Jul 2009 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2009 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/34127 |
Actions (login required)
View Item |