Pengaruh metode pembelajaran kooperatif model Think Pair Share (TPS) terhadap prestasi belajar siswa kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Probolinggo / Muhammad Fachrur Rozi - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh metode pembelajaran kooperatif model Think Pair Share (TPS) terhadap prestasi belajar siswa kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Probolinggo / Muhammad Fachrur Rozi

Muhammad Fachrur Rozi (2009) Pengaruh metode pembelajaran kooperatif model Think Pair Share (TPS) terhadap prestasi belajar siswa kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Probolinggo / Muhammad Fachrur Rozi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Perkembangan ilmu pengetahuan teknologi dan arus globlalisasi telah membawa perubahan dihampir semua aspek kehidupan manusia. Dampak dari perubahan tersebut dapat membawa permasalahan baru bagi manusia. Oleh karena itu untuk menghadapi permasalahan-permasalahan yang timbul sangat diperlukan Sumber Daya Manusia yang berkualitas. Usaha untuk meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) harus dilakukan dalam suatu proses pendidikan yang terencana terarah intensif dan efisien. Pendekatan pembelajaran kooperatif model Think Pair Share memberi kesempatan kepada siswa untuk lebih aktif dan guru menjadi lebih kreatif. Model ini dapat membantu siswa untuk berpikir berdiskusi dengan teman atau pasangannya dan melatih siswa untuk mengungkapkan pendapatnya dikelas. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh pembelajaran kooperatif model Think Pair Share terhadap peningkatan prestasi belajar pada mata pelajaran akuntansi. Penelitian ini adalah jenis penelitian eksperimen dengan menggunakan rancangan penelitian pre-test dan post-test design. Populasinya adalah siswa kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Probolinggo dengan jumlah 80 siswa serta sampel yang diambil sebanyak 55 dengan teknik purposive sampling. Uji t digunakan untuk menguji beda dua rata-rata kemampuan awal (pre-test) dan beda dua rata-rata kemampuan akhir (post-test) siswa serta hipotesis penelitian dari gain score. Berdasarkan hasil analisis uji-t diperoleh thitung 0 231 ttabel 1 67 dan nilai probabilitas (Sig.) 0 749 0 05 sehingga kedua kelompok (kontrol dan eksperimen) mempunyai kemampuan awal yang sama secara signifikan. Pengujian hipotesis dengan U Mann-Whitney Test menunjukkan yakni nilai signifikansi (Sig.) 0 000 0 05 sehingga kemampuan akhir pada kedua kelompok tersebut berbeda. Yang berarti prestasi belajar siswa yang diajar dengan model Think Pair Share lebih tinggi daripada metode pembelajaran konvensional. Gain Score untuk kelompok kontrol 3 56 lebih rendah dibandingkan Gain Score kelompok eksperimen sebesar 7 29. Pengujian hipotesis dengan U Mann-Whitney Test menunjukkan yakni nilai signifikansi (Sig.) 0 000 0 05. Sehingga terdapat perbedaan prestasi belajar antara kedua kelompok secara signifikan. Dengan demikian ada pengaruh positif yang signifikan dari penerapan pembelajaran model Think Pair Share terhadap prestasi belajar siswa pada pelajaran akuntansi kelas XI SMA Negeri Probolinggo tahun ajaran 2006/2007. Pembelajaran model Think Pair Share terbukti lebih efektif dalam meningkatkan prestasi belajar akuntansi siswa dibandingkan dengan pembelajaran dengan model konvensional. Berdasarkan hasil penelitian ini maka peneliti memberikan saran antara lain (1) bagi guru mata pelajaran akuntansi untuk menerapkan pembelajaran kooperatif model Think Pair Share sebagai salah satu alternatif metode pembelajaran di dalam kelas (2) bagi peneliti lain yang ingin mengembangkan penelitian yang berhubungan dengan metode pembelajaran Think Pair Share ini untuk dapat menggunakan populasi dan sampel penelitian yang lebih luas serta dengan materi yang berbeda agar mendapatkan data yang lebih baik untuk mengetahui apakah terdapat hasil yang sama jika dalam proses belajar mengajar menerapkan pembelajaran kooperatif model Think Pair Share yang dilakukan di SMA lain atau bahkan di SMP maupun di SD.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 12 Jun 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/34092

Actions (login required)

View Item View Item