Sri Mulyani (2009) Pengaruh faktor intern dan faktor ekstern penyebab kesulitan siswa dalam memahami materi pelajaran akuntansi terhadap prestasi belajar akuntansi siswa kelas XII IPS SMA Negeri 1 Pandaan Pasuruan tahun ajaran 2007/2008 / Sri Mulyani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Rendahnya prestasi belajar akuntansi disebabkan oleh beberapa faktor antara lain kesulitan belajar faktor intern dan faktor ekstern. Adapun faktor intern adalah faktor yang timbul dari dalam diri siswa itu sendiri. Sedangkan faktor ekstern adalah faktor yang datang dari luar diri siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh faktor intern dan faktor ekstern penyebab kesulitan siswa dalam memahami materi pelajaran akuntansi terhadap prestasi belajar akuntansi. Penelitian ini termasuk jenis penelitian asosiatif dengan rancangan expost facto. Pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dengan menetapkan kelas XII IPS-3 sebagai kelas sampel. Instrumen penelitian yang digunakan adalah butir-butir soal tes faktor intern dan faktor ekstern dan butir-butir soal tes prestasi belajar akuntansi. Tehnik analisis data yang digunakan adalah uji regresi linier berganda dan uji persentase. Dari analisis data diperoleh bahwa terdapat pengaruh yang negatif antara faktor intern (X1) terhadap prestasi belajar akuntansi (Y) dengan nilai - 4 898 dan terdapat pengaruh yang negatif antara faktor ekstern (X2) dengan prestasi belajar akuntansi (Y) dengan nilai - 3 040 serta terdapat pengaruh faktor intern (X1) dan faktor ekstern (X2) secara bersama-sama terhadap prestasi belajar akuntansi (Y) dengan nilai 23 078. Hal ini berarti hipotesis nihil (Ho) ditolak atau ada pengaruh negatif yang signifikan dari faktor intern dan faktor ekstern penyebab kesulitan siswa dalam memahami materi pelajaran akuntansi terhadap prestasi belajar akuntansi baik secara partial (sendiri-sendiri) maupun secara simultan (bersama-sama). Kesimpulan yang di peroleh (1) siswa kelas XII IPS SMA Negeri 1 Pandaan Pasuruan memiliki prestasi belajar yang cukup baik (2) siswa kelas XII IPS SMA Negeri 1 Pandaan Pasuruan cukup mengalami kesulitan dalam memahami materi pelajaran akuntansi dilihat dari faktor intern dan faktor ekstern (3) ada pengaruh negatif yang signifikan dari faktor intern dan faktor ekstern penyebab kesulitan siswa dalam memahami materi pelajaran akuntansi baik secara partial (sendiri-sendiri) maupun secara simultan (bersama-sama) terhadap prestasi belajar akuntansi. Saran yang diberikan (1) bagi guru akuntansi bidang studi akuntansi diharapkan mampu menciptakan kondisi-kondisi tertentu yang membangkitkan minat dan motivasi belajar (2) orang tua siswa harus lebih memperhatikan pendidikan anaknya (3) pemerintah diharapkan lebih peka terhadap mengatasi masalah-masalah sosial di masyarakat sehingga siswa sebagai generasi penerus bangsa mempunyai jaminan untuk belajar dengan baik.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 18 Jun 2009 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2009 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/34090 |
Actions (login required)
View Item |