Indah Siswati (2009) Pengaruh kompetensi profesional dan kesiapan guru akuntansi terhadap keberhasilan penerapan bahan ajar modul pada mata pelajaran akuntansi di SMAN se-kota Kediri / Indah Siswati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Pengaruh pendidikan dapat dilihat dan dirasakan secara langsung dalam berbagai aspek kehidupan. Pendidikan yang baik adalah pendidikan yang dapat mengembangkan potensi masyarakat serta membangkitkan generasi bangsa untuk menggali dan mengembangkan potensi yang dimiliki sehingga mampu mengembangkan sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas. Berbagai upaya dilakukan untuk memperbaiki kualitas pendidikan di Indonesia diantaranya dengan penerapan bahan ajar modul yang disesuaikan dengan kurikulum yang berlaku dan guru mempunyai pengaruh yang sangat penting dalam keberhasilan penerapannya. Pembelajaran modul merupakan salah satu sistem pembelajaran yang memberikan kesempatan kepada siswa untuk belajar menurut cara dan irama masing-masing menggunakan teknik yang berbeda untuk memecahkan masalah tertentu berdasarkan latar belakang pengetahuan dan kebiasaan masing-masing. Pembelajaran modul ini diharapkan mampu meningkatkan minat belajar manusia Indonesia yang dirasa masih rendah. Guru sebagai salah satu komponen yang memegang peranan penting dalam proses pembelajaran diharapkan memiliki kompetensi profesional dan kesiapan yang tinggi sehingga mampu menciptakan kondisi pembelajaran yang ideal dan mampu menghasilkan manusia yang memiliki SDM berkualitas tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan gambaran secara obyektif tentang apakah terdapat pengaruh yang signifikan antara kompetensi profesional guru akuntansi terhadap keberhasilan penerapan bahan ajar modul di SMAN Kota Kediri apakah terdapat pengaruh yang signifikan antara kesiapan guru akuntansi terhadap keberhasilan penerapan bahan ajar modul di SMAN Kota Kediri dan apakah ada pengaruh yang signifikan antara kompetensi profesional dan kesiapan guru akuntansi secara simultan terhadap keberhasilan penerapan bahan ajar modul di SMAN Kota Kediri. Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif korelasional. Variabel dalam penelitian ini adalah kompetensi profesional guru (X1) kesiapan guru (X2) dan keberhasilan penerapan bahan ajar modul pada mata pelajaran akuntansi di SMAN se-Kota Kediri (Y). Populasi dalam penelitian ini adalah semua guru akuntansi di SMAN Kota Kediri tahun 2007 yang menerapkan bahan ajar modul. Instrumen yang dipakai dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan metode angket/ kuesioner tertutup yang diuji dengan uji validitas dan reliabilitas. Analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah analisis regresi linier dengan menggunakan uji t pada taraf signifikansi 0 05 dan regresi ganda dengan menggunakan uji F pada taraf signifikansi 0 05 Hasil penelitian menunjukkan tingkat kompetensi profesional guru akuntansi SMAN di kota Kediri adalah baik terbukti 68 75% responden yaitu sebanyak 11 orang guru menyatakan memiliki tingkat kompetensi yang tinggi. Kesiapan guru akuntansi SMAN di kota Kediri adalah tinggi hal ini dibuktikan dengan sebanyak 62 5% atau sebanyak 10 orang guru menyatakan memiliki kesiapan yang tinggi. Sedangkan untuk keberhasilan penerapan bahan ajar modul akuntansi sebanyak 56 25% atau 9 orang guru menyatakan baik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial variabel kompetensi profesional guru akuntansi berpengaruh terhadap keberhasilan penerapan bahan ajar modul pada mata pelajaran akuntansi di SMAN kota Kediri sebesar 30 1 % sedangkan variabel kesiapan guru juga memberi pengaruh terhadap keberhasilan penerapan bahan ajar modul pada mata pelajaran akuntansi SMAN kota Kediri sebesar 35 3 %. Secara simultan terdapat pengaruh yang signifikan dari kompetensi profesional guru dan kesiapan guru terhadap keberhasilan penerapan bahan ajar modul mata pelajaran akuntansi di SMAN kota Kediri terbukti dari hasil analisis Sig F (0 000) (0 05) pengaruh yang diberikan adalah sebesar 79 %. Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan kepada guru akuntansi untuk meningkatkan kompetensi profesional dan kesiapannya dalam menerapkan bahan ajar modul dengan mengadakan pelatihan penataran dan seminar-seminar yang berhubungan dengan kompetensi profesionalisme mengajar guru.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 16 Jan 2009 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2009 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/34083 |
Actions (login required)
View Item |