Widya Wahyuningsih (2009) Efektivitas penggunaan portofolio dalam bentuk asesmen autentik terhadap evaluasi guru mata pelajaran akuntansi (studi kasus kelas 1C Akuntansi di SMK Shalahuddin Malang) / Widya Wahyuningsih. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Salah satu upaya pemerintah untuk meningkatkan mutu pendidikan tersebut adalah dengan diberlakukanya Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK) yang salah satunya adalah penilaian portofolio. Bentuk portofolio berupa kumpulan bukti atau berkas hasil karya siswa sebagai refleksi pengembangan dirinya yang menunjukkan hal-hal yang siswa ketahui dan hal-hal yang dapat dan telah diberlakukan. Portofolio dapat memberikan masalah yang efektif kepada guru tentang kualitas dan kuantitas pemahaman siswa mengenai materi pelajaran yang disajikan. Asesmen autentik dalam portofolio secara langsung maupun tidak langsung mengaktifkan siswa dalam proses belajar mengajar karena dalam penerapannya menuntut siswa untuk mengungkapkan hal baru yang diperoleh dalam proses belajarnya khusunya dalam pelajaran akuntansi. Penelitian mengenai penggunaan portofolio dalam bentuk asesmen autentik juga berpengaruh pada hasil belajar yang pernah dilakukan oleh mahasiswa Universitas Negeri Malang. Hardiyanti (2006) melakukan penelitian mengenai apakah metode penerapan asesmen portofolio dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar dalam pembelajaran matematika. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan penelitian tindakan kelas dan dalam 2 siklus. Hasil dari penelitian adalah pembelajaran dengan penerapan asesmen portofolio dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar matematika dan dapat diterapkan dengan baik dalam pembelajaran matematika di SMA Negeri 8 Malang. Khuswatul (2006) melakukan penelitian mengenai pembelajaran dengan metode penilaian portofolio sebagai bentuk asesmen autentik dengan fokus penilaian pada aspek minat belajar dan pemahaman siswa terhadap pembelajaran matematika. Hasil penelitian tersebut adalah pembelajaran dengan penilaian portofolio sebagai bentuk asesmen autentik dapat meningkatkan penguasaan dan evaluasi siswa secara signifikan dan bisa diterapkan dengan baik dalam pembelajaran matematika di SMP Negeri 1 Tumpang Malang. Berdasarkan penelitian terdahulu diatas dapat disimpulkan bahwa dalam pembelajaran mata pelajaran matematika dapat diterapkan dengan baik dan dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus melalui 4 tahap yaitu perencanaan tindakan pelaksanaan tindakan observasi dan refleksi. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas 1C-AK SMK Shalahudin Malang yang berjumlah 28 orang siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan tes tertulis portofolio lembar observasi angket dan wawancara. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif kualitatif dan dengan menggunakan uji-t antara nilai pre tes dan pos tes. Dari hasil analisis data dapat diketahui bahwa skor rata-rata dari penilaian adalah (1) Ketrampilan Proses dari hasil siklus I 71 43% meningkat 75% pada siklus II dalam aspek inisiatif siswa aspek keaktifan siklus I 96 64% menurun menjadi 96 43% pada siklus II dan aspek kemampuan siklus I 118% meningkat menjadi 122% pada siklus II (2) Kualitas Hasil Kerja Siswa Secara Kelompok mampu menghasilkan kerja yang baik pada siklus I dan siklus II baik sekali (3) Tes Tertulis skor rata-rata tes dari siklus I 45 54 meningkat menjadi 55 18 sedangkan pada siklus II 63 93 meningkat menjadi 81 04. nilai total rata-rata kelas siklus II ini mengalami peningkatan dibandingkan dengan siklus I yaitu dari 50 36 pada siklus I menjadi 72 44 pada siklus II. Dengan peningkatan ini berarti siswa berhasil meningkatkan hasil belajarnya setelah mengikuti kegiatan pembelajaran dan (4) Hasil Analisis Efektivitas Siswa pada siklus I 8804 14 46 menjadi 8805 10 89 pada siklus II sehingga tidak perlu diadakan perbaikan (remidi) pada siklus selanjutnya. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat ditarik kesimpulan bahwa penggunaan portofolio dalam bentuk asesmen autentik efektif diterapkan dalam hasil belajar proses pembelajaran akuntansi pada pokok bahasan Jurnal Khusus siswa SMK Shalahudin Malang. Sedangkan saran-saran yang dapat dikemukakan dalam penelitian ini adalah bagi peneliti selanjutnya maupun guru akuntansi hendaknya dapat melakukan penelitian pembelajaran dengan menggunakan portofolio pada konsep lain. Kelemahan portofolio dalam penelitian ini adalah cenderung memerlukan waktu yang banyak baik dalam mengumpulkan bahan bukti belajar pada penilaian hasil portofolio maupun dalam merencanakan antara guru dan siswa. Oleh karena itu segala sesuatunya sebelumnya haruslah direncanakan terlebih dahulu oleh guru dan disepakati oleh siswa.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 15 Jan 2009 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2009 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/34081 |
Actions (login required)
View Item |