Siti Mutmainnah (2009) Penerapan pembelajaran kooperatif metode think pair share untuk meningkatkan keterampilan berbicara dan hasil belajar akuntansi siswa / Siti Mutmainnah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kegiatan pembelajaran merupakan cara guru untuk membelajarkan siswa. Pemilihan metode pembelajaran oleh guru harus mempertimbangkan beberapa faktor salah satunya kebutuhan siswa sebagai remaja yang mempunyai kebutuhan aktif menemukan mengemukakan ide dan pendapatnya serta kebutuhan untuk berinteraksi dengan yang lain. Salah satu pendekatan pembelajaran yang memperhatikan hal tersebut adalah pembelajaran kooperatif dengan metode think pair share. Pembelajaran ini memberi kesempatan kepada siswa untuk berfikir bertukar fikiran saling berbagi dan berinteraksi dengan teman. Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan pembelajaran kooperatif metode think pair share sebagai upaya meningkatkan keterampilan berbicara dan hasil belajar siswa. Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas (PTK) dengan pendekatan kualitatif yang dilakukan dalam 2 siklus yaitu pada bulan Maret April 2007. Jenis data dalam penelitian ini adalah data primer yang bersumber langsung dari subjek penelitian yaitu siswa kelas XI IPS 3 SMA Negeri 2 Malang sebanyak 38 siswa. Materi pelajaran yang digunakan dalam penelitian ini adalah jurnal penyesuaian dan neraca lajur perusahaan dagang. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi wawancara tidak terstruktur tes dan catatan lapangan. Hasil penelitian menggambarkan bahwa pembelajaran kooperatif metode think pair share dapat menjadi salah satu alternatif dalam meningkatkan keterampilan berbicara dan hasil belajar siswa. Peningkatan keterampilan berbicara siswa dapat diamati dari jumlah siswa yang melakukan aktivitas berbicara pada siklus I sebanyak 5 siswa sedangkan pada siklus II menjadi 13 siswa. Hasil belajar siswa juga meningkat pada siklus I dan siklus II yaitu nilai rata-rata hasil penilaian ranah kognitif pada siklus I sebesar 61 7 sedangkan pada siklus II menjadi 64 4. Rata-rata hasil penilaian ranah afektif pada siklus I sebesar 2 0 dan pada siklus II sebesar 2 7 sedangkan rata-rata hasil penilaian ranah psikomotorik pada siklus I sebesar 2 3 dan pada siklus II menjadi 2 9. Berdasarkan penelitian yang telah dilaksanakan dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran kooperatif dengan metode think pair share dapat meningkatkan aktivitas siswa di kelas keterampilan berbicara dan hasil belajarnya. Penerapan pembelajaran ini disarankan sebaiknya guru lebih aktif dalam mengamati dan membimbing siswa selama proses pembelajaran berlangsung dan lebih banyak mengalokasikan waktu untuk tahap share (berbagi)
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 09 Jun 2009 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2009 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/34070 |
Actions (login required)
View Item |