Pengaruh metode pembelajaran kooperatif model student teams achievement divisions (STAD) terhadap prestasi belajar siswa pada mata diklat akuntansi di SMK Shalahuddin Malang / Selviani Saludung - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh metode pembelajaran kooperatif model student teams achievement divisions (STAD) terhadap prestasi belajar siswa pada mata diklat akuntansi di SMK Shalahuddin Malang / Selviani Saludung

Selviani Saludung (2009) Pengaruh metode pembelajaran kooperatif model student teams achievement divisions (STAD) terhadap prestasi belajar siswa pada mata diklat akuntansi di SMK Shalahuddin Malang / Selviani Saludung. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Saludung Selviani. 2007. Pengaruh Metode Pembelajaran Kooperatif Model Student Teams Achievement Divisions Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Diklat Akuntansi Di SMK Shalahuddin Malang. Skripsi. Program Studi Pendidikan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) DR. Bambang Sugeng S.E. M.A. M.M. Ak dan (2) Yuli Widi Astuti S.E. Ak Kata Kunci Metode Pembelajaran Kooperatif Student Teams Achivement Divisions (STAD) Prestasi Belajar Akuntansi Metode pembelajaran memiliki peranan yang penting dalam proses pembelajaran. Penggunaan salah satu metode pembelajaran mempunyai relevansi terhadap kemampuan yang diharapkan dapat dimiliki oleh siswa. Metode pembelajaran yang selama ini digunakan adalah metode pembelajaran konvensional dimana metode ini masih kurang mampu untuk meningkatkan prestasi belajar siswa. Metode konvensional cenderung tidak melibatkan siswa secara aktif dalam proses pembelajaran sehingga siswa tidak termotivasi untuk mengikuti aktivitas pembelajaran. Salah satu metode pembelajaran yang berorientai pada siswa adalah metode pembelajaran kooperatif model STAD yang mana metode ini mampu untuk mengaktifkan siswa selama proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya perbedaan prestasi belajar siswa yang diajar dengan menggunakan metode pembelajaran kooperatif model STAD dengan siswa yang diajar dengan metode pembelajaran konvensional. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas I SMK Shalahuddin Malang tahun ajaran 2006/2007 sedangkan sampel yang diambil adalah siswa kelas Ib sebagai kelompok eksperimen dan kelas Ic sebagai kelompok kontrol. Analisis hasil penelitian yang dipakai adalah analisis uji beda (t-test) dan uji Mann Whitney. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya perbedaan prestasi belajar secara signifikan antara siswa yang diajar dengan menggunakan metode pembelajaran kooperatif model STAD dengan siswa yang diajar dengan menggunakan metode pembelajaran konvensional. Penerapan pembelajaran kooperatif model STAD lebih efektif dalam meningkatkan prestasi belajar siswa. Berdasarkan hasil penelitian dapat disarankan agar metode pembelajaran kooperatif model STAD dijadikan salah satu alternatif pilihan bagi guru akuntansi atau guru bidang studi lainnya untuk meningkatkan prestasi belajar siswa dan juga diharapkan adanya penelitian lebih lanjut dengan menggunakan populasi yang lebih luas atau menambah variabel dalam penelitian.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 10 Jun 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/34067

Actions (login required)

View Item View Item