Pengembangan model pembelajaran problem based-learning (PBL) untuk meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran akuntansi keuangan siswa kelas X SMKN 1 Mojoagung / Felly Janiska Rouufu Faradis - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan model pembelajaran problem based-learning (PBL) untuk meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran akuntansi keuangan siswa kelas X SMKN 1 Mojoagung / Felly Janiska Rouufu Faradis

Felly Janiska Rouufu Faradis (2009) Pengembangan model pembelajaran problem based-learning (PBL) untuk meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran akuntansi keuangan siswa kelas X SMKN 1 Mojoagung / Felly Janiska Rouufu Faradis. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pembelajaran kontekstual ini merupakan pembelajaran yang mampu mendorong siswa untuk mengkontruksikan pengetahuan yang telah diperolehnya melalui pola pikir mereka sendiri. Penerapan model pembelajaran kontekstual ini juga berdampak terhadap situasi dan kondisi pada saat terjadinya proses belajar mengajar yaitu dapat menghidupkan suasana lingkungan kelas karena pembelajaran ini bersifat Student-oriented. Berkaitan denga hal tersebut maka dalam penelitian ini digunakanlah model pembelajaran Problem Based-Learning (PBL) yang merupakan model pembelajaran yang berorientasi dengan pendekatan kontekstual. Berdasarkan hasil wawancara dengan ketua jurusan akuntansi di SMKN 1 Mojoagung selama ini belum pernah menggunakan metode pembelajaran. Pembelajaran yang dilaksanakan masih menggunakan metode ceramah kemampuan siswa masih belum optimal dan kurang motivasi untuk belajar. Oleh sebab itu dengan persetujuan dari guru kelas peneliti menerapkan pembelajaran Problem Based- Learning (PBL) untuk meningkatkan aktivitas siswa dan hasil belajar siswa. Penelitian dilaksanakan dalam rancangan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus. Penelitian ini dilakukan di SMKN 1 Mojoagung tanggal 14 mei 2007 sampai dengan 23 mei 2007. Subyek penelitian adalah siswa kelas 1 Ak2. Analisis dilaksanakan secara deskriptif kualitatif dengan mengkaji semua data yang dikumpulkan melalui lembar observasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa ada peningkatan aktivitas siswa dan hasil belajar siswa. Peningkatan aktivitas siswa tampak dari kegiatan kerjasama dalam berdiskusi dan membantu kesulitan teman membaca petunjuk artikel dan membaca buku mencatat data dan keterangan yang disampaikan guru bertanya berkomentar menjawab pertanyaan dari guru dan siswa tenggang rasa mau menghargai pendapat teman tanggung jawab terhadap tugas yang diberikan disiplin dalam mematuhi tugas guru mengumpulkan tugas tepat waktu dan mendengarkan keterangan dari guru. Untuk kelompok I meningkat 27 7 % kelompok II meningkat 5 5% kelompok III meningkat 38 8% kelompok IV meningkat 16 6% kelompok V meningkat 16 1% kelompok VI meningkat 5 5% dari indikator yang ada. Peningkatan hasil belajar siswa post tes siklus I 70 1 % menjadi 78 2 %. sedangkan dari ketuntasan belajar siswa pada siklus I dan siklus II. Pada siklus I ada 13 siswa yang tidak tuntas sedangkan pada siklus II semua siswa dinyatakan tuntas belajar Beberapa saran yang dapat diberikan peneliti sehubungan dengan penelitian yang telah dilaksanakan antara lain adalah sebagai berikut. Bagi sekolah hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi pertimbangan dalam upaya memperbaiki penerapan strategi pembelajaran di SMKN I mojoagung karena penerapan pembelajaran Problem Based Learning (PBL) telah terbukti dapat meningkatkan aktivitas siswa dan hasil belajar siswa. Bagi guru hendaknya lebih memotivasi siswa untuk meningkatkan aktivitas siswa dalam rangka pembelajaran sehingga diharapkan dengan peningkatan aktivitas belajar dapat meningkatkan hasil belajar selain itu dalam menerapkan pemebelajaran PBL hendaknya memperhatikan alokasi waktu yang sesuai dengan yang sudah direncanakan. Bagi siswa hendaknya lebih meningkatkan aktivitas dalam pembelajaran karena aktivitas siswa sangat penting dalam pembelajaran akuntansi dengan jalan diskusi. Bagi peneliti lain sebaiknya dalam melaksanakan pembelajaran ini peneliti melakukannya dalam rentang waktu yang lebih panjang lebih dari 2 siklus tindakan. Hal ini bertujuan agar peneliti dapat mengoptimalkan kemampuan siswa atau aktivitas sikap siswa dan hasil belajar. Selain itu peneliti dapat mencoba merancang suatu strategi baru dengan menggabungkan metode pembelajaran PBL dengan metode lain misal meap mapping untuk memperbaiki proses pembelajaran dikelas.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 09 Jun 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/34063

Actions (login required)

View Item View Item