Pengaruh kecerdasan intelektual (IQ) dan kecerdasan emosional (EQ) terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran akuntansi di SMA Laboratorium UM / Imam Suroso - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh kecerdasan intelektual (IQ) dan kecerdasan emosional (EQ) terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran akuntansi di SMA Laboratorium UM / Imam Suroso

Imam Suroso (2009) Pengaruh kecerdasan intelektual (IQ) dan kecerdasan emosional (EQ) terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran akuntansi di SMA Laboratorium UM / Imam Suroso. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kecerdasan Intelektual (IQ) dan Kecerdasan Emosional (EQ) adalah sumber-sumber daya sinergis tanpa adanya yang satu yang lain menjadi tidak sempurna dan tidak efektif. IQ merupakan kecerdasan yang berkaitan dengan ketrampilan seseorang menghadapi persoalan teknikal dan intelektual. Intelegensi juga merupakan kecakapan global atau rangkuman kecakapan untuk dapat bertindak scara terarah berpikir secara baik dan bergaul dengan lingkungan secara efisien. EQ adalah kemampuan mengenali perasaan kita sendiri dan perasaan orang lain kemampuan memotivasi diri sendiri dan kemampuan mengelola emosi dengan baik pada diri sendiri dan dalam hubungannya dengan orang lain. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Apakah Kecerdasan Intelektual (IQ) dan Kecerdasan Emosional (EQ) berpengaruh secara signifikan terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran akuntansi di SMA Laboratorium UM. Berdasarkan pada rumusan masalah tersebut tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Kecerdasan Intelektual (IQ) dan Kecerdasan Emosional (EQ) terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran akuntansi di SMA Laboratorium UM Rancangan penelitian yang digunakan yaitu korelasional variabel bebas dalam penelitian ini adalah Kecerdasan Intelektual (X1) dan Kecerdasan Emosional (X2). Sedangkan variabel terikatnya adalah prestasi belajar siswa pada mata pelajaran akuntansi (Y) populasi penelitian ini yaitu siswa Jurusan IPS SMA Laboratorium UM yang berjumlah 266 siswa. Dalam pengambilan sampel digunakan teknik purposive sampling yaitu berdasarkan tujuan tertentu. Sampel yang digunakan yaitu sebanyak 137 siswa. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Laboratorium UM mulai bulan April sampai dengan bulan Mei 2007. Teknik yang digunakan untuk pengambilan data yaitu angket dan dokumentasi. Data yang diperoleh diolah dengan teknik analisis regresi linier berganda.Teknik analisis regresi digunakan untuk menganalisis pengaruh IQ dan EQ terhadap prestasi belajar siswa dalam mata pelajaran akuntansi di SMA Laboratorium UM baik secara parsial maupun simultan. Dari hasil penelitian (1) Kecerdasan Intelektual (IQ) berpengaruh secara signifikan terhadap prestasi belajar siswa dalam mata pelajaran akuntansi dengan probabilitas (sig) 0 000 0 05 (2) Kecerdasan Emosional (EQ) berpengaruh secara signifikan terhadap prestasi belajar siswa dalam mata pelajaran akuntansi dengan probabilitas (sig) 0 000 0 05. (3)Kecerdasan Intelektual (IQ) dan Kecerdasan Emosional (EQ) berpengaruh secara signifikan terhadap prestasi belajar siswa dalam mata pelajaran akuntansi dengan probabilitas (sig) 0 000 0 05. Dari hasil analisis regresi ganda dapat dibuat persamaan regresi sebagai berikut Y -9 733 0 437 X1 0 224X2 Dari analisa diatas dapat disimpulkan bahwa IQ (X1) dan EQ (X2) baik secara bersama-sama (simultan) maupun sendiri-sendiri (parsial) berpengaruh secara signifikan terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran akuntansi (Y). Jadi selain kecerdasan intelektual ada faktor lain yang menentukan keberhasilan pendidikan yaitu kecerdasan emosional. Perlu adanya peningkatan kualitas pendidikan dengan mengedepankan nilai-nilai emosional yang sinergis dengan nilai-nilai intelektual. Dengan suatu harapan terbentuknya sumber daya manusia yang berkualitas dan bermakna bagi diri siswa keluarga masyarakat bangsa dan negara. Dalam dunia pendidikan dalam proses belajar mengajar guru harus menyeimbangkan antara IQ dan EQ untuk mencapai keberhasilan tujuan pendidikan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 30 Jun 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/34051

Actions (login required)

View Item View Item