Tri Wahyuni (2009) Pengaruh faktor eksternal terhadap prestasi belajar siswa SMK PGRI 06 Malang / Tri Wahyuni. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Wahyuni Tri. 2007. Pengaruh Faktor Eksternal Terhadap Prestasi Belajar Siswa SMK PGRI 06 Malang. Skripsi Jurusan Akuntansi Program Studi Pendidikan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Cipto Wardoyo S.E M.Pd M.Si AK. (II) Dra. Soeryati. Kata Kunci Faktor Eksternal Prestasi Belajar. Faktor eksternal merupakan salah satu faktor yang berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa. Faktor ekternal dalam penelitian ini terdiri dari Latar belakang sosial ekonomi orang tua bimbingan belajar orang tua serta sarana dan prasarana sekolah. Latar belakang sosial ekonomi orang tua diukur melalui beberapa indikator yaitu pendidikan orang tua pendapatan orang tua luas lahan yang dimiliki orang tua status sosial orang tua di masyarakat pemilikan harta atau barang-barang modern. Bimbingan belajar orang tua ini dapat diukur melalui beberapa indikator yaitu bentuk perhatian nasehat pengawasan dan motivasi/dorongan. Sedangkan sarana dan prasarana sekolah dalam hal ini diukur melalui beberapa indikator yaitu gedung sekolah ruang kelas dan fasilitas lain alat pengajaran dan media pengajaran perabot sekolah tata tertib sekolah. Dengan keadaan ekonomi orang tua yang cukup maka semua kebutuhan belajar siswa akan terpenuhi. Sehingga siswa tidak ada kendala dalam masalah belajar dan mendapatkan prestasi yang baik. Selain itu dengan bimbingan belajar orang tua siswa akan semangat untuk belajar sehingga prestasi siswa akan baik. Serta dengan adanya sarana dan prasarana sekolah yang memadai siswa akan termotivasi untuk belajar sehingga kegiatan belajar mengajar dapat berjalan secara efektif dan efisien serta mendapatkan prestasi yang baik. Berdasarkan uraian di atas dapat disimpulkan bahwa latar belakang sosial ekonomi orang tua bimbingan belajar orang tua serta sarana dan prasarana sekolah dapat berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa. Penelitian ini dilakukan pada siswa Program Studi Akuntansi SMK PGRI 06 Malang Tahun Ajaran 2006/2007 dan bertujuan untuk mengetahui pengaruh latar belakang sosial ekonomi orang tua bimbingan belajar orang tua serta sarana dan prasarana sekolah baik secara serentak (simultan/bersama-sama) maupun sendiri-sendiri (parsial) yang signifikan terhadap prestasi belajar Mata Pelajaran Akuntansi pada siswa Program Studi akuntansi SMK PGRI 06 Malang Tahun Ajaran 2006/2007. Penelitian ini merupakan penelitian eksplanasi dan menggunakan tehnik analisis regresi linier berganda. Subyek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa Program Studi Akuntansi SMK PGRI 06 Malang Tahun Ajaran 2006/2007 yang berjumlah 57 siswa. Dengan variabel bebas (X) yaitu latar belakang sosial ekonomi orang tua bimbingan belajar orang tua serta sarana dan prasarana sekolah. Sedangkan variabel terikatnya (Y) yaitu prestasi belajar Mata Pelajaran Akuntansi pada siswa Program Studi akuntansi SMK PGRI 06 Malang Tahun Ajaran 2006/2007. Data dalam penelitian ini ada 2 yaitu data primer berasal dari siswa. Sedangkan data sekunder berasal dari nilai raport mata pelajaran Akuntansi siswa semester I Tahun Ajaran 2006/2007. Data tersebut dikumpulkan dengan menggunakan tehnik kuesioner dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel bebas latar belakang sosial ekonomi orang tua (X1) bimbingan belajar orang tua (X2) sarana dan prasarana sekolah (X3) baik secara serentak (simultan/bersama-sama) maupun sendiri-sendiri (parsial) berpengaruh secara signifikan terhadap variabel terikat prestasi belajar Mata Pelajaran Akuntansi pada siswa Program Studi akuntansi SMK PGRI 06 Malang Tahun Pelajaran 2006/2007. Hal tersebut di atas menunjukkan bahwa antara teori dengan hasil penelitian adalah sesuai. Kontribusi variabel bebas latar belakang sosial ekonomi orang tua (X1) bimbingan belajar orang tua (X2) sarana dan prasarana sekolah (X3) sebesar 65% dan 35% merupakan variabel lain di luar variabel yang diteliti dan tidak dijelaskan dalam penelitian ini. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disarankan agar peneliti selanjutnya mengadakan penelitian yang lebih mendalam yaitu dalam pengisian angket mengenai latar belakang sosial ekonomi orang tua dan bimbingan belajar orang tua dengan melibatkan orang tua secara langsung sehingga mendapatkan data yang lebih akurat.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 20 Jan 2009 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2009 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/34046 |
Actions (login required)
View Item |