Studi implementasi kecakapan hidup (Life Skill) dalam pembelajaran akuntansi di SMA Negeri dan swasta kota Malang/oleh Widya Dorestiawati - Repositori Universitas Negeri Malang

Studi implementasi kecakapan hidup (Life Skill) dalam pembelajaran akuntansi di SMA Negeri dan swasta kota Malang/oleh Widya Dorestiawati

Widya Dorestiawati (2009) Studi implementasi kecakapan hidup (Life Skill) dalam pembelajaran akuntansi di SMA Negeri dan swasta kota Malang/oleh Widya Dorestiawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Implikasi penerapan pendidikan berbasis kompetensi adalah perlunya pengembangan silabus dan sistem penilaian yang menjadikan peserta didik mampu mendemonstrasikan pengetahuan dan keterampilan sesuai dengan standar yang ditetapkan dengan mengintegrasikan life skill dan tekanan life skill di SMA adalah pada general life skill dan accademic life skill. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui kualitas guru akuntansi memasukkan life skill pada dokumen pembelajaran dan kualitas guru akuntansi pengembangan life skill selama KBM serta faktor penghambat guru dalam mengembangkan life skill selama KBM. Life skill (kecakapan hidup) yang dimaksud merupakan kecakapan yang dimiliki seseorang (peserta didik) untuk berani menghadapi problem hidup dan kehidupan dengan wajar tanpa merasa tertekan kemudian secara proaktif dan kreatif mencari serta menemukan solusi sehingga mampu mengatasinya. Penelitian ini dilakukan di lima sekolah yaitu SMA N 2 SMAN 5 SMA N 6 SMA Ardjuno dan SMA Wahid Hasyim Malang mulai tanggal 18 Desember 2006 sampai 13 Januari 2007. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif deskriptif dengan pendekatan survey. Analisis terhadap hasil penelitian menggunakan 3 tahap yaitu reduksi data penyajian data dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) dari lima sekolah yang diteliti SMA Wahid Hasyim telah memiliki kualitas yang lebih baik yaitu dalam silabus dan rencana pembelajaran telah memuat unsur life skill secara ekplisit maupun implisit (2) pengembangan life skill dalam pembelajaran akuntansi dikembangkan baik dalam pengalaman belajar siswa penggunaan berbagai metode mengajar serta sumber belajar telah memafaatkan lingkungan sekitar (3) faktor yang menghambat pengintegrasian life skill kedalam pembelajaran akuntansi adalah pemahaman konsep life skill yang kurang lemahnya motivasi siswa sarana dan prasarana yang kurang serta waktu/jam pelajaran yang terlalu sedikit dan (4) evaluasi yang digunakan sudah mengacu pada KBK. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disarankan agar dilakukan penelitan evaluasi tetang implementasi life skill sosialisasi lebih kepada tataran praktis serta pemberian semangat kepada sekolah-sekolah di kota malang untuk melaksankan life skill.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 24 Jun 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/34042

Actions (login required)

View Item View Item