Rina Megawati (2009) Studi hubungan antara kemampuan beripikir formal dengan prestasi belajar akuntansi pada siswa kelas XI semester II di SMA Negeri 1 Talun Kabupaten Blitar tahun ajaran 2005/1006 / oleh Rina Megawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kemampuan berpikir formal mempunyai hubungan dengan prestasi belajar akuntansi karena untuk memahami dan menyelesaikan permasalahan-permasalahan di dalam akuntansi secara umum diperlukan kesanggupan termasuk dalam kemampuan berpikir formal. Kesanggupan tersebut adalah deduktif-hipotesis yaitu membuat analisis terlebih dahulu sebelum melakukan strategi penyelesaian. Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji hubungan kemampuan berpikir formal dengan prestasi belajar akuntansi siswa kelas XI semester II di SMA Negeri 1 Talun Kabupaten Blitar tahun ajaran 2005/2006. Penelitian ini termasuk jenis penelitian eksplanasi. Pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dengan menetapkan kelas XI IPS-2 sebagai kelas sampel. Instrumen penelitian yang digunakan adalah butir-butir soal tes kemampuan berpikir formal dan butir-butir soal tes prestasi belajar akuntansi. Butir-butir soal tes prestasi belajar akuntansi berbentuk multiple choice dengan lima alternatif jawaban yang diujicobakan di luar kelompok sampel yaitu kelas XI IPS-1. Hasil dari analisis validitas diperoleh rhitung 0 328 rtabel 0 316 sehingga instrumen penelitian dikatakan valid. Data juga reliabel karena rhitung rtabel yaitu 0 7627 0 316 dengan taraf signifikansi 0 05. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji koefisien korelasi Pearson dan uji persentase. Hasil penelitian diperoleh (1) siswa kelas XI IPS-2 yang sudah mencapai tingkat berpikir formal sebesar 31 58% (2) rhitung 0 696 rtabel 0 320 dan nilai probabilitas 0 000 0 05. Hal ini berarti hipotesis nihil (Ho) ditolak atau ada hubungan positif yang signifikan antara kemampuan berpikir formal dengan prestasi belajar akuntansi. Kesimpulan yang diperoleh (1) siswa kelas XI IPS-2 SMA Negeri 1 Talun Kabupaten Blitar yang sudah mencapai kemampuan berpikir formal sebesar 31 58% (2) rata-rata prestasi belajar akuntansi siswa kelas XI IPS-2 sebesar 7 50 dan (3) besar koefisien korelasi 0 696 berarti ada hubungan positif yang signifikan antara kemampuan berpikir formal dengan prestasi belajar akuntansi. Saran yang diajukan adalah (1) bagi guru bidang studi akuntansi diharapkan dapat memilih strategi mengajar yang tepat sesuai dengan kondisi internal siswa beserta keberadaan sarana yang ada di sekolah (2) bagi lembaga pendidikan dan institusi terkait seperti departemen pendidikan nasional bimbingan belajar disarankan dapat mencurahkan perhatiannya pada pengembangan kemampuan berpikir formal (3) bagi peneliti lain diharapkan dapat menggunakan pokok bahasan yang lebih luas agar mendapatkan data yang lebih baik serta untuk mengetahui apakah diperoleh hasil penelitian yang sama atau berbeda.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 16 Jan 2009 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2009 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/34031 |
Actions (login required)
View Item |