Chusnul Chotimah (2009) Pengaruh pembelajaran model Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap prestasi belajar siswa dalam mata pelajaran akuntansi kelas XI IPS semester genap SMA Darul Ulum 2 Unggulan 0 BPP Teknologi Jombang tahun ajaran 2005/2006 / oleh Chusnul Chotimah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Sesuai dengan hasil observasi yang telah dilakukan oleh peneliti diketahui bahwa pembelajaran akuntansi yang selama ini dilaksanakan di SMA Darul Ulum 2 Unggulan BPP Teknologi Jombang masih menggunakan sistem pembelajaran model lama yang mengutamakan peranan guru daripada siswa padahal untuk pelajaran lain sudah menggunakan pembelajaran dengan pendekatan kontekstual. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model Contextual Teaching And Learning (CTL) terhadap prestasi belajar siswa dalam mata pelajaran akuntansi kelas XI IPS semester genap SMA Darul Ulum 2 Unggulan - BPP Teknologi Jombang tahun ajaran 2005/2006. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif jenis penelitian tindakan kelas. Subyek penelitian siswa kelas XI IPS yang berjumlah 64 siswa dengan rincian 29 siswa kelas XI IPS I dan 35 siswa kelas XI IPS II. Pelaksanaan penelitian pada bulan Pebruari sampai dengan 1 April 2006. Data penelitian ini meliputi (1) observasi (2) wawancara (3) tes hasil belajar (4) dokumentasi dan (5) perekam data. Analisis data dilakukan dengan hasil observasi wawancara tes hasil belajar dan dokumentasi yang berupa foto selama proses pembelajaran kemudian ditulis dalam format rekaman data yang dipersiapkan kemudian dianalisis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran akuntansi model Contextual Teaching And Learning (CTL) pada siklus I nilai rata-ratanya mencapai 82%. Hal ini menunjukkan bahwa proses diskusi kelompok maupun kelas dapat berjalan dengan baik menarik dan hidup ketika siswa mengerjakan dan membahas soal serta siswa tidak ragu dalam bertanya dan menjawab pertanyaan sehingga anggota kelompok yang kurang paham merasa senang karena dibantu oleh anggota kelompoknya yang lebih paham. Dan pada siklus II pembelajaran akuntansi model Contextual Teaching And Learning (CTL) nilai rata-ratanya mencapai 90%. Peningkatan ini dikarenakan guru lebih menekankan pada penjelasan materi secara singkat dan mengaitkan materi pelajaran dengan kehidupan sehari-hari serta latihan soal. Pemberian soal yang lebih membutuhkan kerjasama antar anggota kelompok membuat siswa dapat berinteraksi dan berbagi informasi sehingga diskusi dapat berjalan dengan lancar menarik dan hidup terbukti dengan adanya peningkatan nilai siswa sebesar 8%. Peningkatannya dalam hal bertanya dan menjawab pertanyaan baik dalam diskusi kelompok maupun kelas bekerjasama dalam menyelesaikan soal serta pemahaman siswa terhadap materi yang akan dipelajari. Kesimpulan bahwa penerapan pembelajaran model Contextual Teaching And Learning (CTL) dapat meningkatkan prestasi belajar siswa dalam mata pelajaran akuntansi kelas XI IPS semester genap SMA Darul Ulum 2 Unggulan - BPP Teknologi Jombang tahun ajaran 2005/2006. Berdasarkan hasil penelitian ini maka disarankan pada guru mata pelajaran akuntansi bahwa pembelajaran model Contextual Teaching And Learning (CTL) merupakan salah satu alternatif untuk menyampaikan materi dengan berbagai model pembelajaran yang sesuai dengan keadaaan kelas. Guru hendaknya merencanakan secara cermat waktu pembelajaran menggunakan alat peraga dan melakukan refleksi pada setiap pertemuan untuk menyimpulkan kegiatan pembelajaran yang telah berlangsung.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 21 Jan 2009 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2009 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/34028 |
Actions (login required)
View Item |