Atik Istianatin Farida (2010) Pemanfaatan laboratorium bahasa Inggris di SMA Negeri 1 Kandat Kabupaten Kediri / Atik Istianatin Farida. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Bahasa memiliki peranan penting dalam ilmu pengetahuan dengan pengetahuan dan keterampilan berbahasa akan mempermudah meraih dan mengembangkan ilmu pengetahuan teknologi dan seni. Pembelajaran bahasa membantu peserta didik mampu mengemukakan gagasan dan perasaan berpartisipasi dalam masyarakat dan bahkan menemukan serta menggunakan kemampuan analitis dan imaginatif yang ada dalam dirinya. Ada banyak ragam bahasa di dunia salah satunya adalah bahasa Inggris yang merupakan bahasa Internasional. Pendidikan bahasa Inggris di SD/MI dimaksudkan untuk mengembangkan kemampuan berbahasa yang digunakan untuk menyertai tindakan atau language accompanying action. Dalam pembelajaran bahasa Inggris keterampilan yang diharapkan dapat dimiliki siswa adalah mencakup keterampilan mendengarkan berbicara membaca dan menulis. Saat ini pendidikan bahasa Inggris telah masuk dalam kurikulum pendidikan di semua jenjang sekolah. Namun masih sering terjadi anggapan bahwa bahasa Inggris adalah pelajaran yang sulit dan tidak penting untuk dipelajari karena tidak digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Pada pembelajaran bahasa Inggris khususnya dalam keterampilan membaca peserta didik kurang memiliki semangat dan rasa percaya diri dalam membacanya. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan pembelajaran membaca nyaring yang dapat meningkatkan keterampilan membaca Bahasa Inggris dan mendeskripsikan pembelajaran membaca nyaring dapat meningkatkan keterampilan membaca Bahasa Inggris di SDN Gadang 3 Kota Malang. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Model pelaksanaan PTK ini menggunakan model PTK Kolaboratif. Peneliti berkolaborasi dengan guru mata pelajaran dan seorang observer sebagai pengamat saat proses pembelajaran berlangsung. PTK ini dilaksanakan dalam proses pengkajian berdaur (cyclical) yang terdiri dari 4 tahap yaitu merencanakan melakukan tindakan mengamati dan refleksi. PTK ini dilakukan sebanyak 2 siklus. Penelitian ini dilakukan pada semester gasal tahun ajaran 2010/2011 mengambil tempat di SDN Gadang 3 Kecamatan Sukun Kota Malang. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Gadang 3 Kecamatan Sukun Kota Malang yang berjumlah 31 anak. Instrument dalam penelitian ini adalah lembar pengamatan pedoman wawancara dan dokumentasi. Data hasil penelitian ini dianalisis secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Keterampilan membaca siswa sebelum diterapkannya pembelajaran membaca nyaring masih rendah. Siswa masih terlihat ragu-ragu dan kurang percaya diri dalam membaca. Dengan penerapan membaca nyaring diperoleh hasil bahwa keterampilan membaca siswa meningkat. Penerapan membaca nyaring dapat meningkatkan keterampilan membaca siswa hal ini terbukti dengan meningkatnya hasil pembelajaran yang diperoleh mulai dari observasi awal siklus I dan siklus II. Hasil pembelajaran yang diperoleh pada observasi awal sebesar 33 5. Siklus I menunjukkan rata-rata sebesar 63 dan pada siklus II diperoleh rata-rata sebesar 76 3. Ini menunjukkan adanya peningkatan sebesar 88% dari observasi awal ke siklus I dan peningkatan sebesar 21 1% dari siklus I ke siklus II. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pada tahap prabaca kegiatan pemberian skemata motivasi atau pemberian kegiatan yang menyenangkan kepada siswa sangatlah penting karena dapat mengaktifkan pengetahuan siswa dan rasa ingin tahu siswa mengenai apa yang akan dipelajari. Pada tahap saat baca membaca nyaring memiliki keunggulan dalam meningkatkan keterampilan membaca siswa secara individu. Tahap pascabaca merupakan tahap pemahaman siswa mengenai apa yang telah dipelajari sehingga penggunaan permainan dalam tahap ini sangatlah efektif untuk mengetahui tingkat pemahaman siswa dalam memahami apa yang telah dipelajari pada tahap sebelumnya. Saran untuk penelitian antara lain pihak sekolah diharapkan dapat mengupayakan ketersediannya sebuah laboratorium bahasa yang dapat digunakan untuk menunjang kegiatan belajar mengajar pelajaran bahasa khususnya pelajaran bahasa Inggris. Membaca nyaring yang diterapkan pada penelitian ini dapat meningkatkan keterampilan membaca bahasa Inggris siswa sehingga diharapkan bagi guru agar menerapkannya pada pelajaran bahasa yang lain serta bagi peneliti
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S1 Teknologi Pendidikan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 18 Mar 2010 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2010 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/34 |
Actions (login required)
View Item |