Artini, Suci Roh (2011) Manajemen sumber daya manusia sekolah satu atap (studi kasus di SMPN 2 Dau Satu Atap Kabupaten Malang) / Suci Roh Artini. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata kunci manajamen manajemen sumber daya manusia Manajemen adalah proses pengelolaan yang melibatkan sumber potensial baik bersifat manusia maupun non manusia dalam rangka mencapai tujuan yang efektif dan efisien sesuai dengan kesepakatan yang telah disepakati bersama. Manajemen sumber daya manusia meliputi kegiatan perencanaan sumber daya manusia terdiri atas (1) rekrutmen pegawai (2) seleksi pegawai dan (3) penempatan pegawai pengorganisasi sumber daya manusia pengembangan sumber daya manusia pemberian kesejahteraan sumber daya manusia pemberian supervisi sumber daya manusia pembinaan iklim kerja organisasi sumber daya manusia dan evaluasi sumber daya manusia dalam rangka penilaian kinerja setiap pegawai. Penelitian ini dilakukan di SMPN 2 Dau Satu Atap Kabupaten Malang yang letaknya di lokasi SDN Kucur 02 desa Kucur Kecamatan Dau dengan menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan studi kasus. Prosedur pengumpulan data yang digunakan meliputi (1) wawancara mendalam (2) observasi berperan serta dan (3) studi dokumentasi. Teknik analisa data yang digunakan adalah reduksi data display data dan penarikan kesimpulan. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini manajemen sumber daya manusia di SMPN 2 Dau Satu Atap Kabupaten Malang terbagi pada tahap perencanaan pengoranisasian pengembangan pemberian kesejahteraan pemberian supervisi pembinaan iklim kerja dan evaluasi. Pada tahap perencanaan rekrutmen pegawai yang dilakukan yaitu pembentukan panitia perekrutan penetapan prosedur pendaftaran dan cara pemberian informasi kepada masyarakat tentang adanya perekrutan pegawai baru di SMPN 2 Dau Satu Atap Kabupaten Malang. Perekrutan guru tidak tetap (GTT) dilakukan oleh kepala sekolah komite sekolah serta kumpulan masyarakat yang peduli akan pendidikan di desa Kucur dan guru yang ada di Sekolah Satu Atap yang terbentuk sebagai panitia perekrutan pegawai baru wali murid. Sedangkan untuk guru PNS diperoleh dari jatah Pemerintah seleksi pegawai di SMPN 2 Dau Satu Atap melibatkan kepala sekolah guru-guru komite sekolah yang terdiri atas satu orang istri kepala dusun dan dua orang mantan kepala desa penempatan pegawai di SDN Kucur 02 dibutuhkan guru kelas sedangkan kualifikasi yang dibutuhkan untuk mengajar SMPN 2 Dau Satu Atap Kabupaten Malang adalah guru yang sesuai jurusan. Guru-guru yang mengajar 50% guru SDN Kucur 02 dan 50% guru luar atau GTT. Tahap selanjutnya pengorganisasian disesuaikan dengan kemampuan dan keahlian mengajar yang dimiliki masing-masing guru. Guru di SMPN 2 Dau Satu Atap Kabipaten Malang harus memiliki 4 (empat) kompetensi meliputi (1) kompetensi paedagogik (2) kompetensi kepribadian (3) kompetensi profesional dan (4) kompetensi sosial. Pengembangan Sekolah Satu Atap menekankan pelatihan dengan metode on the job training dan of the job training. Pemberian kesejahteraan diwujudkan dengan penggajian guru PNS SDN Kucur 02 diberikan setiap 1 bulan sekali oleh Pemerintah Pusat sedangkan SMPN 2 Dau Satu Atap Kabupaten Malang diberikan oleh Pemerintah Daerah. Supervisi di Sekolah Satu Atap diberikan yaitu supervisi individual conference diberikan 1 bulan sekali kunjungan kelas dan supervisi rekan sejawat (supervision of colleague) pembuatan prota 1 kali setiap ajaran dan promes setiap semester. Menciptakan pola iklim kerja yang kondusif antar guru di Sekolah Satu Atap guru di Sekolah Satu Atap dengan murid dan Guru Sekolah Satu Atap dengan kepala sekolah. Tahap yang terakhir yaitu evaluasi dilaksanakan oleh langsung oleh UPT SMP dalam hal ini dilaksanakaan langsung oleh kepala sekolah pengawas dari UPTD TK/SD Dan PLS Kecamatan Dau Kabupaten Malang dan pembinaan pengawas tingkat kabupaten untuk SMP yaitu pengawas bidang Sekmen (Sekolah Menengah) dari pengawas Dinas Pendidikan. Dari hasil penelitian tersebut saran-saran yang diajukan yaitu (1) bagi kepala sekolah SMPN 2 Dau Satu Atap Kabupaten Malang dapat dijadikan sebagai bahan evaluasi dan perbaikan SMPN 2 Dau Satu Atap Kabupaten Malang agar lebih meningkatkan kualitas pengelolaan sumber daya manusia (2) bagi pendidik dapat digunakan sebagai bahan analisis mengenai kinerja yang telah diterapkan menuju ke arah perbaikan khususnya dalam mengelola sumber daya manusia (3) bagi karyawan di SMPN 2 Dau Satu Atap Kabupaten Malang dapat digunakan sebagai bahan pengembangan dalam rangka pengotmimalisasian peningkatan pengelolaan manajemen sumber daya manusia di SMPN 2 Dau Satu Atap Kabupaten Malang (4) bagi komite sekolah di SMPN 2 Dau Satu Atap Kabupaten Malang dapat memberikan ilmu dan sumbangsihnya untuk mendukung serta memberikan masukkan kepala sekolah SMPN 2 Dau Satu Atap Kabupaten Malang khususnya dalam pengembangan manajemen sumber daya manusia (5) bagi ketua Jurusan Administrasi Pendidikan dapat dijadikan sebagai tambahan bahan kajian pengembangan ilmu Manajemen Sumber Daya Manusia nantinya dapat memberikan kontribusi yang positif terhadap perkembangan jurusan Administrasi Pendidikan dan (6) bagi peneliti lain agar dapat mengembangkan penelitian serupa tentang manajemen sumber daya manusia dengan studi kasus yang berbeda.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S1 Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 10 Aug 2011 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2011 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/3395 |
Actions (login required)
View Item |