Putri, Rafa' Anugrah (2024) Pengaruh model apbl-steam dengan asesmen formatif terhadap critical thinking skills pada materi kalor dan termodinamika / Rafa' Anugrah Putri. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Keterampilan berpikir kritis sangat diperlukan dalam pembelajaran abad 21 tetapi keterampilan berpikir kritis pada kalor dan termodinamika masih rendah. Penelitian tentang penerapan model aPBL-STEAM dengan Asesmen Formatif pada materi kalor dan termodinamika masih jarang dilakukan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh aPBL-STEAM dengan Asesmen Formatif terhadap kemampuan berpikir kritis. Metode penelitian yang digunakan adalah Quasi Eksperiment dengan desain nonequivalent control group design. Jumlah responden sebanyak 72 siswa yang terdiri dari 36 siswa kelas eksperimen dengan model aPBL-STEAM dengan Asesmen Formatif dan 36 siswa kelas pembanding dengan model aPBL. Teknik pengambilan sampelnya adalah purposive sampling dengan satu kelas sebagai kelas eksperimen dan kelas lainnya sebagai kelas pembanding. Independent sampel t test n gain dan effect size digunakan untuk menganalisis data. Hasil pengujian menunjukkan bahwa nilai pretest kedua kelas tidak berbeda secara signifikan sehingga kelas eksperimen dan kelas pembanding berangkat dari keadaan yang sama. Sedangkan analisis pada nilai posttest menunjukkan kelas eksperimen lebih baik secara signifikan dibandingkan kelas pembanding dan didukung dengan adanya peningkatan skor N-Gain total sebesar 0.634 (kategori sedang) pada kelas eksperimen sedangkan pada kelas pembanding skor N-Gain total sebesar 0.508 (kategori sedang). Adapun nilai effect size yang ada penelitian ini sebesar 0.785 (kategori sedang). Pada sub materi pengaruh kalor dan perubahan kalor kedua kelas memperoleh peningkatan yang hampir sama dan dikategorikan sedang namun pada 2 sub materi lainnya kelas eksperimen mengalami peningkatan yang lebih tinggi dibandingkan kelas pembanding meskipun salah satu sub materi pada eksperimen masuk dalam kategori tinggi. Tinjauan masing-masing indikator berpikir kritis diperoleh untuk mengatur strategi dan teknik lebih tinggi dibandingkan kelas eksperimen dengan kategori tinggi dan 4 indikator lainnya juga lebih tinggi dibandingkan kelas pembanding dengan kategori sedang. Bagi penelitian selanjutnya disarankan untuk melakukan penelitian selama 8 minggu dan menggunakan model aPBL-STEAM-AF pada materi lainnya.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 05 Aug 2024 04:29 |
Last Modified: | 20 Jan 2025 06:31 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/338230 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |