Arditi, Najwa Anindita Witayu (2024) Implementasi kurikulum merdeka dalam projek penguatan profil pelajar pancasila pada pembelajaran seni budaya kelas 7A di SMPN 20 Malang / Najwa Anindita Witayu Arditi</p>. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Pendidikan karakter merupakan aspek krusial dalam implementasi kurikulum merdeka karena sebagian peserta didik cenderung hanya menekankan pada aspek kognitif dalam pembelajaran seringkali mengabaikan nilai-nilai kejujuran. Penelitian ini memiliki tujuan untuk menjelaskan kurikulum merdeka yang diimplementasikan dalam suatu projek penguatan profil pelajar Pancasila pada pembelajaran seni budaya di kelas 7A SMPN 20 Malang. Penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif. Data yang disajikan dalam penelitian ini dikumpulkan melalui wawancara pengamatan dan dokumentasi. Pendekatan analisis data mengikuti prinsip-prinsip analisis yang dikemukakan oleh Saleh. Data yang ditemukan dalam penelitian ini adalah Kurikulum Merdeka di SMPN 20 Malang diimplementasikan melalui Projek P5. Dalam pelaksanaannya dibagi menjadi dua fase yaitu perencanaan serta pelaksaaan. Fase perencanaan meliputi tahapan yang dilakukan oleh guru dalam merancang projek sedangkan fase pelaksanaan terbagi menjadi 3 tahap. Tahap pertama memberikan pemahaman awal kepada peserta didik terkait materi tentang budaya rumah adat dan busana adat dari Indonesia. Tahap kedua peserta didik ditugaskan untuk membuat konsep rumah adat dan busana adat . Tahap ketiga merupakan puncak dari projek ini yaitu peserta didik ditugaskan untuk mendesain kelas untuk persiapan pameran dan menentukan temanya masing-masing kelas.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Pendidikan Seni Tari dan Musik |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 11 Jan 2024 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2024 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/337339 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |