Implementasi pengelolaan keuangan sekolah yang menerapkan sekolah gratis (studi kasus di SMP PGRI 1 Batu) / Veri Irawan - Repositori Universitas Negeri Malang

Implementasi pengelolaan keuangan sekolah yang menerapkan sekolah gratis (studi kasus di SMP PGRI 1 Batu) / Veri Irawan

Irawan, Veri (2011) Implementasi pengelolaan keuangan sekolah yang menerapkan sekolah gratis (studi kasus di SMP PGRI 1 Batu) / Veri Irawan. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci implementasi pengelolaan keuangan sekolah sekolah gratis. Setiap warga negara Indonesia memiliki hak yang sama untuk mendapatkan pendidikan yang layak. Oleh karena itu dalam bidang pendidikan pemerintah menetapkan program Bantuan Operasional Sekolah (BOS) dengan tujuan membebaskan biaya pendidikan bagi siswa yang tidak mampu dalam rangka mendukung pencapaian Program Wajib Belajar Pendidikan Dasar Sembilan Tahun. Melalui program ini pemerintah memberikan dana kepada sekolah-sekolah setingkat Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) sederajat untuk membantu mengurangi beban biaya pendidikan yang harus ditanggung oleh orangtua siswa. BOS diberikan kepada sekolah untuk dikelola sesuai dengan ketentuan yang ditetapkan pemerintah. Besarnya dana untuk tiap sekolah ditetapkan berdasarkan jumlah murid. Ada delapan tujuan dalam penelitian ini yaitu untuk mengetahui (1) asal sumber keuangan sekolah dan sumber keuangan yang paling dominan (2) prosedur pencairan keuangan sekolah (3) prosedur penerimaan keuangan sekolah (4) prosedur penyaluran dana sekolah terutama dana BOS (5) operasional menggunakan dana sekolah (6) sistem pengawasan (monitoring) terhadap penggunaan dana sekolah (7) pertanggungjawaban dan pengarsipan data keuangan sekolah (8) masalah-masalah yang muncul dalam pengelolaan dana dan pemecahan masalah yang dilakukan oleh sekolah. Penelitian ini dilakukan di SMP PGRI 1 Batu dengan pendekatan kualitatif dan rancangan studi kasus. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan (1) wawancara (2) observasi dan (3) dokumentasi. Analisis pengumpulan data dalam penelitian ini adalah (1) pengumpulan data (2) pemilihan pemusatan dan transformasi data atau data kasar yang muncul dari catatan-catatan lapangan dan (3) kesimpulan. Pengecekan keabsahan data dalam penelitian ini dilakukan dengan beberapa teknik yaitu (1) kredibilitas/validitas internal (2) transferabilitas (3) dependabilitas dan (4) konfirmabilitas. Hasil penelitian menunjukkan (1) sumber keuangan sekolah berasal dari pemerintah saja yaitu dana BOS dan dana imbal swadaya (2) prosedur pencairan dana dilakukan melalui pemerintah kota dan ditransfer melalui nomor rekening sekolah (3) prosedur penerimaan keuangan sekolah sekolah harus membuat rencana pengambilan dana dan harus sesuai dengan fungsi penggunaan dana BOS (4) prosedur penyaluran dana disalurkan setiap periode setiap periode untuk anggaran belanja tiga bulan sekolah mengambil dana setiap satu bulan sekali (5) operasional penggunaan dana sekolah sesuai dengan RAPBS (6) sistem pengawasan dilakukan oleh tim manajemen BOS kota yang rutin dilakukan setiap bulan pengawasan lain dilakukan oleh BPKP dan BPK (7) pertanggungjawaban dan pengarsipan data dilakukan sekolah setiap bulan dan sekolah membuat laporan akhir tahun untuk mengetahui bahwa belanja sekolah sudah sesuai dengan RAPBS (8) masalah yang dihadapi sekolah dalam mengelola keuangan yaitu terlambatnya dana yang keluar dari pemerintah untuk periode bulan Juli-September untuk mengatasi masalah ini sekolah mencari pinjaman dana terlebih dahulu. Pinjaman dana diperoleh dari para guru di sekolah tersebut. Berdasarkan hasilpenelitian saran-saran yang diajukan adalah (1) Kepala Dinas Pendidikan lebih memperhatikan lagi sekolah swasta yang ada di Kota Batu dan menambah anggaran untuk bidang pendidikan (2) Kepala Sekolah dan Bendahara Sekolah dapat lebih memperbaiki tentang pengelolaan dana sekolah serta terus menjalankan kegiatan sekolah gratis yang tanpa dipungut biaya apapun (3) Siswa/Peserta Didik dapat menambah motivasi belajar untuk mengkatkan prestasi akademik dan non-akademik karena sudah mendapatkan pendidikan yang gratis (4) Orangtua dapat melakukan pengawasan secara langsung terhadap pengelolaan keuangan sekolah (5) Kepala Jurusan AP FIP UM jurusan mengkaji pengelolaan keuangan yang dilakukan sekolah yang menerapkan pendidikan gratis untuk pendalaman ilmu manajemen pendidikan khususnya manajemen keuangan (6) Peneliti lain dapat melanjutkan penelitian yang sejenis yang bermanfaat untuk lebih dapat mengelola keuangan sekolah dengan lebih baik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S1 Administrasi Pendidikan
Depositing User: library UM
Date Deposited: 06 Apr 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/3369

Actions (login required)

View Item View Item