Manajemen pembelajaran rintisan sekolah bertaraf internasional (studi kasus di SMP Negeri 1 Sumenep) / Katrin Widariyati - Repositori Universitas Negeri Malang

Manajemen pembelajaran rintisan sekolah bertaraf internasional (studi kasus di SMP Negeri 1 Sumenep) / Katrin Widariyati

Widariyati, Katrin (2011) Manajemen pembelajaran rintisan sekolah bertaraf internasional (studi kasus di SMP Negeri 1 Sumenep) / Katrin Widariyati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci kurikulum kegiatan pembelajaran rintisan sekolah bertaraf Internasional Dalam upaya peningkatan mutu efisiensi relevansi dan peningkatan daya saing secara nasional dan sekaligus internasional pada jenjang pendidikan dasar dan menengah maka telah ditetapkan pentingnya penyelenggaraan satuan pendidikan bertaraf Internasional baik untuk sekolah negeri maupun swasta. Pendidikan bertaraf Internasional harus memiliki daya saing yang tinggi dalam hasil-hasil pendidikan (output dan outcomes) proses dan input sekolah baik secara nasional maupun internasional. Hal ini didasari oleh tuntutan kurikulum bertaraf Internasional yang mengharuskan peserta didik dalam masuk kelas Internasional harus mampu berkompetisi secara global dengan siswa dari negara lain. Beberapa kemampuan umum yang lazim menjadi tolak ukur keinternasional adalah kemampuan dalam sains kemampuan dalam bidang teknologi dan kemampuan lain yang bersifat karya-karya inovatif dan kreatif. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 1 Sumenep dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan studi kasus. Dalam penelitian ini peneliti sebagai instrumen kunci dengan subyek penelitian Kepala Sekolah koordinator kurikulum guru dan siswa RSBI SMP Negeri 1 Sumenep. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi (1) wawancara mendalam (2) observasi dan (3) dokumentasi. Data yang terkumpul melalui ketiga teknik tersebut dianalisis selama pengumpulan data dan setelah pengumpulan data. Pada saat pengumpulan data data yang telah diperoleh kemudian diuji dengan menggunakan metode triangulasi sumber dan ketekunan pengamatan untuk mengetahui keabsahan data. Hasil penelitian di kelas RSBI SMP Negeri 1 Sumenep menunjukkan proses perencanaan kurikulum dan pembelajaran dilakukan dengan menyusun silabus Rencana Pelaksanaan Pembelajaran program semester tahunan dan kalender pendidikan. Untuk proses pelaksanaan kurikulum dan pembelajaran terdiri dari Pengelolaan Kelas dan Proses pembelajaran bertaraf Internasional di kelas RSBI. Pengelolaan kelas di RSBI dilakukan dengan memenuhi jumlah siswa per kelas berkisar 25-30 siswa beban mengajar guru minimal 24 jam tiap minggunya kecuali 12 jam tiap minggu untuk guru yang tugas belajar. Proses pembelajaran bertaraf Internasional terdapat tiga kegiatan yaitu kegiatan awal inti dan penutup. Kegiatan inti dibagi menjadi tiga bagian yaitu ekspositori tanya jawab dan penugasan. Evaluasi kurikulum dan pembelajaran dapat dinilai dari beberapa aspek yaitu dilihat dari keseharian siswa di kelas bagaimana siswa menerima dan menyalurkan pelajaran yang diterima dengan baik tugas-tugas yang diberikan oleh guru dikumpulkan tepat waktu keaktifan dalam diskusi bagaimana siswa bertanya dan menjawab pertanyaan Tes Formatif 1 Tes Formatif 2 Ujian Akhir Sekolah dan penilaian dari sikap siswa. Ketuntasan belajar harus mencapai nilai 80 bagi siswa yang belum mencapai ketuntasan dalam belajar maka wajib untuk mengikuti remidi. Berdasarkan penelitian ini dapat disarankan bagi (1) Kepala Sekolah SMP Negeri 1 Sumenep hendaknya menerapkan sekolah Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional sepenuhnya mulai dari kelas VII sampai kelas IX sehingga tidak ada perbedaan antara kelas RSBI unggulan dan reguler. Selain itu Kepala Sekolah harus dapat meningkatkan dan mengembangkan kurikulum menciptakan tenaga pendidik yang berkualitas sehingga lulusannya dapat memiliki kemampuan daya saing Internasional (2) Kepala Dinas Pendidikan Kota Sumenep dalam bidang kurikulum dan pembelajaran hendaknya selalu mengevaluasi penerapan Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional terutama dalam hal kurikulum sarana dan prasarana tingkat keberhasilan RSBI jika dilihat dari proses belajar-mengajar dan guru pengajar agar sekolah tersebut senantiasa memberikan pelayanan kepada siswa sesuai dengan tujuan yang telah ditetapkan yaitu mencapai sekolah bertaraf Internasional. Dengan adanya keberhasilan dari satu sekolah yaitu SMP Negeri 1 Sumenep Kepala Diknas dapat memotivasi sekolah yang lain untuk menjadi RSBI sehingga pendidikan yang ada di Sumenep dapat berkembang dengan baik dan mempunyai daya saing Internasional (3) Wakasek kurikulum seharusnya tetap mempertahankan dan meningkatkan kurikulum RSBI SMP Negeri 1 Sumenep yang mengacu pada standar pendidikan untuk mewujudkan tujuan pendidikan nasional. Pengembangan kurikulum juga harus senantiasa dilakukan secara berkesinambungan sehingga proses belajarmengajar dapat berjalan dengan lancar (4) Guru Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional SMP Negeri 1 Sumenep selalu meningkatkan kinerja dan kualitas dalam proses belajar-mengajar agar siswa termotivasi dalam belajar dan memperoleh hasil yang memuaskan dalam pendidikan yang ditempuh dengan cara selalu mengembangkan silabus dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran sesuai dengan pengetahuan pendidikan yang semakin berkembang. Guru juga harus dapat menggunakan sarana dan prasarana dengan seefisien mungkin seperti LCD laptop serta media pembelajaran lainnya (5) Pengelola Jurusan Administrasi Pendidikan hasil penelitian ini hendaknya menjadi tambahan referensi mengenai program sekolah bertaraf Internasional yang saat ini sudah mulai menjadi perhatian penting pemerintah khususnya dalam dunia pendidikan dan (6) Peneliti Lain diharapkan melakukan penelitian sejenis pada berbagai aspek lain yang bermanfaat dari manajemen Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional. Aspek yang bermanfaat untuk diteliti misalnya manajemen sarana dan prasarana Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S1 Administrasi Pendidikan
Depositing User: library UM
Date Deposited: 04 Jan 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/3356

Actions (login required)

View Item View Item