Pengembangan media board game untuk mata pelajaran IPS kelas IV di SDN 2 Gandusari Trenggalek / Muhammad Imam Habibi - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media board game untuk mata pelajaran IPS kelas IV di SDN 2 Gandusari Trenggalek / Muhammad Imam Habibi

Habibi, Muhammad Imam (2012) Pengembangan media board game untuk mata pelajaran IPS kelas IV di SDN 2 Gandusari Trenggalek / Muhammad Imam Habibi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Pengembangan Board Game IlmuPengetahuanSosial Board gamemerupakan segala jenis permainan yang menggunakan papan atau alas untuk bermain dan biasanya dimainkan oleh lebih dari 1 orang di 1 meja yang sama. Board game ini merupakan salah satu media yang dapat digunakan dalam proses pembelajaran. Board game sebagai sebuah media memiliki begitu banyak potensi salah satunya sebagai sarana penyampaian informasi yang efektif. Dengan format yang mendorongpemainnyauntukberinteraksi penyampaianinformasimelalui board game menjadilebihdinamisdantidakmembosankan. Berdasarkan observasi awal di lapangan peneliti menemukan bahwa pelaksanaan pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial belum sesuai dengan harapan dan tujuan yang telah tertulis dalam kurikulum tingkat satuan pendidikan.Selain itu guru juga belum menggunakan media maupun metode permainan untuk menciptakan suasana belajar yang efektif dan menyenangkan. Siswa terlihat bosan dengan metode pengajaran tradisonal serta kurang aktif dan antusias terhadap materi yang disampaikan. Oleh karena itu perlu adanya penyediaan media pembelajaran berupa permainan yang didesain dalam bentuk board game. Tujuan dari pengembangan ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa dan menghasilkan board game yang dapat digunakan sebagai media pembelajaran IPS kelas IV SDN 2 Gandusari Trenggalek pokok bahasan permasalahan sosial. Pengembangan media board game ini menggunakan model pengembangan Borg Gall. Model pengembangan Borg Gall terdiri dari 12 langkah yaitu (1) Identifikasi kebutuhan (2) Perumusan tujuan (3) Pengembangan Produk awal (4) Validasi ahli (5) Revisi 1 (6) Uji coba perseorangan (7) Revisi 2 (8) Uji coba kelompok kecil (9) Revisi 3 (10) Uji coba lapangan (11) Revisi akhir (12) Produk akhir. Hasil dari penelitian pengembangan ini berupa board game Mata Pelajaran IPS pokok bahasan permasalahan sosial. Media tersebut divalidasikan pada ahli media ahli materi dan siswa. Hasil validasi tersebut adalah 1) data ahli media pada kriteria kelayakan board game dikatakan valid/layak digunakan dengan hasil persentase 91 5% 2) data ahli materi pada kriteria kelayakan board gamedikatakan valid/layak digunakan dalam pembelajaran dengan hasil persentase 91 6% 3) data siswa perseorangan kelompok kecil dan lapangan hasil yang diperoleh adalah 90% 91% 87 3% sehingga pada kriteria kelayakan board gamedikatakan valid/layak digunakan dalam pembelajaran 4) Dari pengolahan data tes hasil belajarterlihat peningkatan persentase siswa yang memenuhi SKM ( 8805 65)dari 60 7 % menjadi 71 4 % setelah siswa menggunakan board game.Dengan demikian menurut kriteria kelayakan board game yang dikembangkan layak dan cukup efektif digunakan sebagai media pembelajaran. Kesimpulan dari pengembangan ini adalah board gameyang dikembangkan termasuk valid atau layak digunakan sebagai media pembelajaran. Saran pengembangan ini adalah 1) Saran Pemanfaatan a) Bagi Sekolah pengembangan media ini diharapkan dapat dipergunakan dengan sebaik-baiknya sehingga dapat memotivasi dan menarik perhatian siswa dalam kegiatan pembelajaran khususnya pembelajaran IPS. b) Bagi Guru sebelum menggunakan media ini sebaiknya guru telah menyampaikan materi secara keseluruhan membaca petunjuk pemanfaatan media dan memperhatikan waktu pemanfaatan dan jumlah siswa yang menggunakan media. c) Bagi siswa beberapa hal yang harus diperhatikan siswa dalam pemanfaatan media ini adalah siswa harus bermain sesuai dengan aturan permainan dan dengan hati-hati. Setelah bermain siswa lebih baik segera merapikan dan menyimpan board game agar komponen-komponennya tetap utuh (tidak hilang). 2) Saran untuk Pengembangan Produk Lebih Lanjut dalam membuat sebuah karya/produk diharapkan lebih memiliki pengetahuan ketrampilan dan pengalaman mengenai media untuk menghasilkan produk yang lebih layak maka lakukan validasi dan revisi secara berkelanjutan tentukan ukuran dan bahan yang akan dipakai untuk membuat board game terlebih dahulu carilah bantuan dari teman/rekan dalam memproduksi media buatlah permainan yang kompetitif dan sesuai dengan karakteristik siswa serta ujilah peraturan permainan untuk mencari di mana kelemahan-kelemahan peraturan tersebut. 3) Saran Diseminasi sebelum disebarluaskan sebaiknya produk ini dikaji kembali dan disesuaikan dengan keadaan sasaran yang ingin dituju dan sebaiknya disosialisasikan kepada pihak-pihak terkait untuk memperoleh pengakuan dan perijinan untuk penerapan board game yang dikembangkan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S1 Teknologi Pendidikan
Depositing User: library UM
Date Deposited: 21 Jun 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/335

Actions (login required)

View Item View Item