Peningkatan kinerja pegawai dalam menyelengarakan pelatihan di Balai Diklat KB Nasional Malang / Agustina Dwi Anitawati - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan kinerja pegawai dalam menyelengarakan pelatihan di Balai Diklat KB Nasional Malang / Agustina Dwi Anitawati

Anitawati, Agustina Dwi (2010) Peningkatan kinerja pegawai dalam menyelengarakan pelatihan di Balai Diklat KB Nasional Malang / Agustina Dwi Anitawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci kinerja pegawai penyelenggaraan pelatihan Kinerja pegawai yang berkualitas merupakan salah satu upaya untuk mencapai tujuan organisasi. Pelatihan merupakan salah satu upaya yang dilakukan untuk meningkatkan kinerja pegawai. Penyelenggaraan pelatihan membutuhkan persiapan dan kerjasama tim penyelenggara secara optimal. Fungsi manajemen dalam penyelenggaraan pelatihan sangat diperlukan untuk menunjang ketercapaian tujuan dan hasil pelatihan yang diharapkan. Adapun fungsi-fungsi manajemen yang digunakan dalam penyelenggaraan pelatihan yaitu perencanaan pengorganisasian pelaksanaan dan evaluasi. Selain peserta penyelenggaraan pelatihan juga bermanfaat bagi tim pengajar dan penyelenggara pelatihan. Penyelenggaraan pelatihan dimulai dari kegiatan perencanaan yang matang oleh penyelenggara pengorganisasian tugas-tugas dan sumberdaya yang dibutuhkan pelaksanaan proses belajar-mengajar sesuai dengan prosedur pelatihan yang telah dirancang dan evaluasi yang dilakukan secara berkala selama pelatihan. Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui kinerja pegawai dalam (1) perencanaan pelatihan di Balai Diklat KB Nasional Malang (2) pengorganisasian pelatihan di Balai Diklat KB Nasional Malang (3) pelaksanaan pelatihan di Balai Diklat KB Nasional Malang dan (4) evaluasi pelatihan di Balai Diklat KB Nasional Malang. Penelitian ini dilakukan di Balai Diklat KB Nasional Malang yang ada di bawah naungan BKKBN Propinsi JawaTimur. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif jenis studi kasus. Penelitian ini menggambarkan kinerja pegawai balai diklat dalam menyelenggarakan pelatihan di Balai Diklat KB Nasional Malang. Adapun metode pengumpulan data yang digunakan untuk untuk menjawab fokus penelitian yaitu observasi partisipatif wawancara mendalam dan dokumentasi. Temuan penelitian yang telah dilakukan yaitu (1) perencanaan pelatihan di Balai Diklat KB Nasional Malang dimulai dari kegiatan identifikasi kebutuhan dan komponen pelatihan yang dilanjutkan dengan pembuatan desain program pelatihan yang terdiri dari bagian edukatif dan administratif (2) pengorganisasian pelatihan yang ada di Balai Diklat KB Nasional Malang termasuk dalam organisasi lini dan staf dan organisasi fungsional (3) pelaksanaan pelatihan terdiri dari kegiatan awal pelatihan PBM dan akhir pelatihan dengan metode pembelajaran dalam PBM yang ada pada pelatihan di Balai Diklat KB Nasional ii Malang menggunakan 3 jenis strategi sesuai dengan materi pelatihan yaitu strategi akademik laboratoris dan kegiatan (4) evaluasi pelatihan di Balai Diklat KB Nasional Malang mengacu pada evaluasi pelaksanaan dan evaluasi penyerapan materi. evaluasi pelaksanaan terdiri 3 (tiga) tahap dari evaluasi sebelum selama dan akhir pelatihan kegiatan penilaian kerja pegawai balai diklat yang dilakukan oleh pimpinan dan rekan kerja dapat memotivasi pegawai untuk bekerja lebih baik dan menunjukkan organisasi ini berusaha mencapai sasaran yang terbaik pada bidangnya sebagai penyelenggara pelatihan. Berdasarkan hasil penelitian ini disarankan kepada (1) Kepala Balai Diklat KB Nasional Malang diharapkan dapat melakukan pembinaan dan memperhatikan penempatan pegawai sesuai dengan jabatan dan keahliannya sehingga tidak terjadi kesimpangsiuran dalam pekerjaan (2) Pegawai Balai Diklat KB Nasional Malang diharapkan membuat jadwal kegiatan sharing/ajang curhat agar setiap pelaksanaan semua komponen yang ada bisa hadir dalam kegiatan (3) Pengelola Jurusan Administrasi Pendidikan berdasarkan hasil penelitian ini hendaknya menjadi tambahan referensi bagi penelitian dalam ruang lingkup pendidikan non formal seperti pelatihan yang saat ini lebih kecil dari pada referensi penelitian dalam lingkup pendidikan umum dan (4) Peneliti lain agar dapat melanjutkan penelitian yang sejenis pada berbagai aspek lain dengan latar berbeda yang nantinya dapat bermanfaat untuk diteliti.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S1 Administrasi Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 21 Oct 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/3348

Actions (login required)

View Item View Item