Pengembangan media pembelajaran interaktif mata pelajaran IPA pokok bahasan keanekaragaman makhluk hidup untuk kelas VII di SMP Negeri 1 Kesamben Kabupaten Blitar / Pranata Multi Tugastara - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media pembelajaran interaktif mata pelajaran IPA pokok bahasan keanekaragaman makhluk hidup untuk kelas VII di SMP Negeri 1 Kesamben Kabupaten Blitar / Pranata Multi Tugastara

Tugastara, Prananta Multi (2012) Pengembangan media pembelajaran interaktif mata pelajaran IPA pokok bahasan keanekaragaman makhluk hidup untuk kelas VII di SMP Negeri 1 Kesamben Kabupaten Blitar / Pranata Multi Tugastara. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci Pengembangan Media Pembelajaran Interakti Pelajaran IPA. Pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan sebuah media pembelajaran berbentuk media interaktif pelajaran IPA di SMP N 1 Kesamben kabupaten Blitar. Mata Pelajaran Keanekaragaman Makhluk Hidup ini merupakan pembelajaran mengenai teori klasifikasi dan jenis-jenis kingdom pada makhluk hidup.. Sementara itu media pembelajaran pada mata pelajaran ini hanya tersedia dalam bentuk modul cetak yang dirasa kurang menarik. Pengembangan media pembelajaran interaktif akan sangat dibutuhkan untuk meningkatkan efisiensi ketertarikan siswa terhadap sajian materi di dalamnya serta sesuai dengan aplikasi pembelajaran individual. Pengembangan ini dilaksanakan dengan tujuan untuk menghasilkan media pembelajaran berupa media interaktif yang menggunakan strategi pembelajaran individual dan memiliki tingkat kemenarikan lebih tinggi pada pelajaran IPA pokok bahasan Keanekaragaman Makhluk Hidup. Model Pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model Research and Development (R D) dari Borg and Gall (1983). Dalam sistematika pengembangannya terdapat langkah-langkah yang akan dilakukan guna mencapai hasil yang diharapkan. Adapun tahap-tahap tersebut antara lain 1) Analisis kebutuhan (2) Pengembangan produk (3) Penyusunan Storyboard (4) Uji coba (5) Revisi produk (6) Hasil Akhir. Hasil Pengembangan media pembelajaran interaktif ini memenuhi kriteria valid/layak yakni ahli media 86% ahli materi 80% dan hasil uji coba lapangan 82 %. Sedangkan untuk tes hasil belajar siswa terdapat 15 orang (75%) yang berhasil mencapai ketuntasan dalam belajar (mastery learning) dan nilai mencapai KKM (Kriteria Ketuntasan Minimum). Dengan demikian media pembelajaran interaktif ini bisa dikatakan efektif dan dapat digunakan dalam proses pembelajaran. Saran yang diajukan kepada guru pengajar mata pelajaran IPA adalah hendaknya media pembelajaran interaktif ini ditindak lanjuti sampai pada tahap pemanfaatan sesuai dengan kebutuhan.Sedangkan untuk siswa meningkatkan kebiasan belajar mandiri dengan cara bersentuhan dengan teknologi informasi dan komunikasi (TIK). Media pembelajaran interaktif ini adalah salah satu media alternatif yang bisa membantu siswa terutama yang mengikuti mata pelajaran IPA untuk belajar secara mandiri dengan berbantuan komputer.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S1 Teknologi Pendidikan
Depositing User: library UM
Date Deposited: 21 Jun 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/334

Actions (login required)

View Item View Item