Anwar, Syaiful (2010) Manajemen pemasaran sekolah gratis (Studi kasus di SMP PGRI 1 Batu) / Syaiful Anwar. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata kunci manajemen pemasaran sekolah sekolah gratis Pendidikan adalah hak bagi setiap warga negara Indonesia. Untuk itu seluruh masyarakat harus bisa merasakannya jika dari masyarakat ada yang berkeberatan tentang biaya pendidikan yang mahal dari pihak pemerintah sudah mengeluarkan kebijakan berupa pemberian dana bantuan operasional sekolah (BOS). Dengan adanya BOS diharapkan sekolah tidak memungut biaya dari siswa. Tetapi dalam kenyataanya banyak sekolah masih memungut biaya dari siswa. Untuk mengatasi hal ini harus ada sekolah gratis yang tidak memungut biaya dari siswa sama sekali atau gratis. Tetapi ada pendapat di kalangan masyarakat bahwa sekolah gratis tidak mutu dan tidak berkualitas. Untuk menepis pandangan ini maka sekolah harus melakukan kegiatan pemasaran dan promosi sekolah untuk memaparkan program-program sekolah yang dimiliki seperti prestasi yang diraih dan keunggulan sekolah. Kegiatan pemasaran bertujuan untuk menarik minat calon peserta didik. Berdasarkan uraian di atas maka peneliti tertarik untuk menelaah lebih dalam tentang manajemen pemasaran sekolah gratis. Ada enam tujuan dalam penelitian ini (1) mendeskripsikan prosedur perencanaan pemasaran sekolah gratis (2) prosedur pengorganisasian pemasaran sekolah gratis (3) mendeskripsikan prosedur pelaksanaan pemasaran sekolah gratis (4) mendeskripsikan prosedur evaluasi pemasaran sekolah gratis (5) mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat dalam kegiatan pemasaran sekolah (6) mendeskripsikan pemberdayaan faktor pendukung dan strategi penanggulangan faktor penghambat dalam pemasaran sekolah gratis. Penelitian ini dilakukan di SMP PGRI 1 Batu dengan menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan studi kasus. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan (1) observasi (2) wawancara mendalam (3) studi dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini adalah (1) reduksi data (2) dispay data (3) verifikasi data. Pengecekan keabsahan data yang dilakukan dalam penelitian ini dengan beberapa cara yaitu (1) ketekunan pengamatan (2) triangulasi (3) pengecekan anggota. Hasil penelitian menunjukkan (1) prosedur perencanaan pemasaran sekolah gratis di SMP PGRI 1 Batu diawali dengan rapat koordinasi antara guru dan kepala sekolah dalm rapat yang yang dibicarakan adalah teknik pemasaran dana yang digunakan untuk pemasaran (2) prosedur pengorganisasian pemasaran sekolah gratis proses ini adalah pembagian tugas dan penerbitan SK kepanitiaan kegiatan pemasaran (3) prosedur pelaksanaan pemasaran sekolah gratis. Proses pelaksanaan dilakukan dengan 3 cara. Yaitu dengan media (brosur spanduk plakat) melibatkan orang (siswa alumni orangtua siswa) dan kegiatan yang diselenggarakan sekolah (pembagian daging kurban dan zakat fitrah rapat semesteran). (4) prosedur evaluasi pemasaran sekolah gratis dilakukan dengan tiga cara evaluasi menyeluruh pengawasan supervisi dan pengawasan monitoring. (5) faktor pendukung dan penghambat dalam kegiatan pemasaran sekolah. Faktor pendukung mendapatkan dukungan dari Dinas Pendidikan Kota Batu dukungan dari siswa alumni dan kepala sekolah dasar. Faktor penghambat dana yang terbatas letak yang tidak strategis dan tidak ada dukungan masya yang kuat. (6) mendiskripsikan pemberdayaan faktor pendukung dan strategi penanggulangan faktor penghambat dalam pemasaran sekolah gratis. Pemberdayaan dengan cara kerjasama dan meningkatkan tali persaudaran. Penanggulangan dilakukan dengan penambahan pencarian dana pembuatan penunjuk arah letak sekolah dan sering dilakukuan rapat sesama anggota PPLP PGRI Jawa Timur. Berdasarkan hasil penelitian sasaran-saran diajukan adalah (1) bagi Kepala SMP PGRI 1 Batu diharapkan secara terus menerus melakukan perbaikan dalam menyelenggarakan kegiatan pemasaran sekolah gratis yang dilakukan oleh sekolah sehingga dapat meningkatkan jumlah siswa (2) bagi guru SMP PGRI 1 Batu dapat meningkatkan kinerjanya dan saling bekerja sama (3) bagi Dinas Pendidikan Kota Batu lebih memperhatikan lagi sekolah swasta yang berada diwilayah Kota Batu. (4) bagi Jurusan Administrasi Pendidikan Jurusan mengkaji pemasaran yang dilakukan lembaga pendidikan secara luas untuk pendalaman ilmu manajemen pendidikan khususnya manjemen humas dan kurikulum (5) Peneliti lain kepada para peneliti lain dapat melanjutkan penelitian yang sejenis pada berbagi aspek lain yang bermanfaat dari penyelenggaran kegiatan pemasaran yang dilakukan oleh sekolah yang dapat meningkatkan jumlah siswa.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S1 Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 11 Oct 2010 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2010 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/3337 |
Actions (login required)
View Item |