Hamidah, Ratna Nur (2010) Hubungan tingkat penyediaan fasilitas belajar di sekolah dengan kepuasan siswa SMA Negeri 1 Ponggok Kabupaten Blitar / Ratna Nur Hamidah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata kunci fasilitas belajar di sekolah kepuasan siswa Fasilitas belajar di sekolah adalah sejumlah sarana dan pras arana yang dapat dipergunakan untuk kepentingan proses atau aktivitas pengajaran baik secara langsung maupun tidak langsung di luar diri peserta didik yang melengkapi diri mereka pada saat proses belajar-mengajar berlangsung. Fasilitas belajar meliputi ruang kelas perpustakaan laboratorium dan media pengajaran. Sedangkan kepuasan siswa adalah suatu keadaan dimana derajat keinginan harapan dan kebutuhan siswa terpenuhi. Suatu pelayanan dinilai memuaskan apabila pelayanan tersebut dapat memenuhi derajat kebutuhan dan harapan pelanggan. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini (1) seberapa lengkap penyediaan fasilitas belajar di SMA Negeri 1 Ponggok Kabupaten Blitar (2) seberapa tinggi tingkat kepuasan siswa dengan fasilitas belajar di SMA Negeri 1 Ponggok Kabupaten Blitar dan (3) adakah hubungan penyediaan fasilitas belajar dengan kepuasan siswa di SMA Negeri 1 Ponggok Kabupaten Blitar. Tujuan penelitian ini adalah (1) mendiskripsikan kelengkapan penyediaan fasilitas belajar di SMA Negeri 1 Ponggok Kabupaten Blitar (2) untuk mengetahui tingkat kepuasan siswa dengan fasilitas belajar di SMA Negeri 1 Ponggok Kabupaten Blitar dan (3) untuk mengetahui hubungan tingkat penyediaan fasilitas belajar dengan kepuasan siswa di SMA Negeri 1 Ponggok Kabupaten Blitar. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif yaitu dengan menggunakan penelitian deskriptif korelasional dengan analisis korelasi product moment. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa SMA yang berjumlah 607 orang siswa. Pengambilan sampel dengan menggunakan tabel Krejcie Morgan. Sampel diambil sebanyak 235 siswa. Teknik yang digunakan dalam pengambilan sampel yaitu menggunakan teknik proportional random sampling. Kesimpulan yang diperoleh adalah (1) tingkat penyediaan fasilitas belajar di sekolah siswa SMA Negeri 1 Ponggok Kabupaten Blitar termasuk pada kualifikasi baik dengan persentase sebesar 63 83% (2) kepuasan siswa SMA Negeri 1 Ponggok Kabupaten Blitar termasuk pada kualifikasi tinggi dengan persentase sebesar 63 83% (3) terdapat hubungan yang signifikan antara tingkat penyediaan fasilitas belajar di sekolah dengan kepuasan siswa SMA Negeri 1 Ponggok Kabupaten Blitar. ii Berdasarkan analisis data yang diperoleh bahwa ada hubungan yang signifikan antara tingkat penyediaan fasilitas belajar di sekolah dengan kepuasan siswa SMA Negeri 1 Ponggok Kabupaten Blitar. Hal ini terbukti dari analisis product moment diperoleh harga hitung r sebesar 0 603 dengan harga tabel r sebesar 0 1280 pada taraf signifikansi 0 05 atau 5% dengan N 235 responden sign.2 tailed 0 000 0 05. Dengan demikian diketahui bahwa hitung r lebih besar dari tabel r yaitu 0 603 0 1280. Berdasarkan analisis data tersebut berarti ada hubungan yang signifikan antara tingkat penyediaan fasilitas belajar di sekolah dengan kepuasan siswa SMA Negeri 1 Ponggok Kabupaten Blitar. Saran yang dikemukakan dalam penelitian ini (1) hendaknya siswa lebih memanfaatkan semaksimal mungkin fasilitas belajar yang disediakan oleh sekolah agar bisa mendukung kegiatan belajar-mengajar. Selain itu siswa juga harus menjaga dan merawat fasilitas belajar yang disediakan oleh sekolah (2) guru hendaknya selalu memberikan informasi kepada siswa agar kegiatan belajarmengajar berjalan dengan lancar. Guru seharusnya juga selalu menggunakan fasilitas belajar yang disediakan oleh sekolah agar penyampaian materi pelajaran kepada siswa bisa diterima dengan jelas (3) Kepala Sekolah hendaknya bisa menyediakan fasilitas belajar yang memadai dan sesuai dengan kebutuhan siswa untuk kegiatan belajar. Dengan fasilitas belajar yang memadai akan tercipta pula kepuasan siswa 4) pengelola Jurusan Administrasi Pendidikan hendaknya skripsi ini untuk menambah referensi khususnya yang berhubungan dengan fasilitas belajar dan juga kepuasan siswa sehingga bagi mahasiswa yang akan melakukan penelitian tentang fasilitas belajar dapat melihat referensi yang ada (5) bagi peneliti lain hendaknya mengadakan penelitian lebih lanjut mengenai fasilitas belajar dan kepuasan siswa dengan menambah kajian variabel yang lain sekiranya dapat mempengaruhi kepuasan siswa variabel lain misalnya keefektifan kinerja guru dalam proses belajar-mengajar dengan kepuasan siswa.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S1 Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 06 Oct 2010 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2010 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/3329 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |