Hubungan intensitas pelaksanaan teknik supervisi pendidikan dengan kualitas mengajar guru di SMP Negeri se-Kecamatan Kamal Kabupaten Bangkalan / Putri Sandra Novita - Repositori Universitas Negeri Malang

Hubungan intensitas pelaksanaan teknik supervisi pendidikan dengan kualitas mengajar guru di SMP Negeri se-Kecamatan Kamal Kabupaten Bangkalan / Putri Sandra Novita

Novita, Putri Sandra (2010) Hubungan intensitas pelaksanaan teknik supervisi pendidikan dengan kualitas mengajar guru di SMP Negeri se-Kecamatan Kamal Kabupaten Bangkalan / Putri Sandra Novita. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci teknik supervisi pendidikan kualitas mengajar guru Guru merupakan komponen paling menentukan dalam sistem pendidikan secara keseluruhan yang harus mendapat perhatian sentral pertama dan utama. Dengan demikian kualitas sumber daya guru perlu tumbuh berkembang agar dapat melakukan fungsi dan tugas professional. Dalam hal ini guru perlu mendapatkan bantuan pembinaan dalam rangka meningkatkan kualitas pada proses belajar mengajar. Salah satu cara yang untuk mengetahui kualitas mengajar guru yaitu dengan pelaksanaan teknik supervisi pendidikan. karena pelaksanaan teknik supervisi pendidikan di sekolah merupakan salah satu faktor yang dapat mempengaruhi dalam peningkatan kualitas mengajar guru di kelas. Kepala sekolah sebagai supervisor diharapkan dapat menerapkan teknik supervisi pendidikan kepada guru sesuai dengan kondisi agar kualitas mengajar guru semakin meningkat. Permasalahan yang dapat dikaji dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimanakah intensitas pelaksanaan teknik supervisi pendidikan yang diikuti guru di SMP Negeri se-Kecamatan Kamal Kabupaten Bangkalan (2) Bagaimanakah kualitas mengajar guru SMP Negeri se-Kecamatan Kamal Kabupaten Bangkalan (3) Apakah ada hubungan intensitas pelaksanaan teknik supervisi pendidikan dengan kualitas mengajar guru di SMP Negeri se-Kecamatan Kamal Kabupaten Bangkalan dan penelitian ini memiliki tujuan (1) Untuk mengetahui intensitas pelaksanaan teknik supervisi pendidikan di SMP Negeri se-Kecamatan Kamal Kabupaten Bangkalan. (2) Untuk mengetahui kualitas mengajar guru di SMP Negeri se-Kecamatan Kamal Kabupaten Bangkalan. (3) Untuk mengetahui hubungan intensitas pelaksanaan teknik supervisi pendidikan dengan kualitas mengajar guru di SMP Negeri se-Kecamatan Kamal Kabupaten Bangkalan. Penelitian ini menggunakan rancangan deskriptif korelasional dengan tujuan untuk mengetahui hubungan intensitas pelaksanaan teknik supervisi pendidikan dengan kualitas mengajar guru. Populasi penelitian ini yaitu guru SMP Negeri se-Kecamatan Kamal Kabupaten Bangkalan dengan jumlah 198 orang. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik proportional random sampling dengan jumlah sampel sebanyak 132 orang guru. Sedangkan instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket. Skala yang digunakan merupakan skala Likert dengan 4 (empat) pilihan jawaban. Dan data yang terkumpul dianalisis dengan teknik deskriptif dan teknik korelasi product moment. Untuk menguji kelayakan instrumen menggunakan uji validitas dan reliabilitas. Analisis data dalam penelitian ini yaitu korelasi product moment dengan menggunakan program SPSS (Statistical Product and Special Services) 15.0 for windows. Hasil analisis data yang diperoleh dalam penelitian ini yaitu sebesar 0 636 0 169 dengan taraf signifikansi 5% dengan probabilitas 0 000. Maka dapat disimpulkan bahwa ada hubungan yang signifikan antara intensitas pelaksanaan teknik supervisi dengan kualitas mengajar guru di SMP Negeri se-Kecamatan Kamal Kabupaten Bangkalan. Kesimpulan yang dapat diambil dalam penelitian ini adalah (1) intensitas pelaksanaan teknik supervisi pendidikan di SMP Negeri se-Kecamatan Kamal Kabupaten Bangkalan termasuk kategori kualifikasi sangat tinggi (2) intensitas pelaksanaan teknik supervisi pendidikan individual di SMP Negeri se-Kecamatan Kamal Kabupaten Bangkalan termasuk kategori kualifikasi tinggi (3) intensitas pelaksanaan teknik supervisi kelompok di SMP Negeri se-Kecamatan Kamal Kabupaten Bangkalan termasuk kategori kualifikasi sangat tinggi (4) kualitas mengajar guru di SMP Negeri se-Kecamatan Kamal Kabupaten Bangkalan termasuk kategori kualifikasi sangat tinggi (5) Dalam melakukan perencanaan pengajaran di SMP Negeri se-Kecamatan Kamal Kabupaten Bangkalan termasuk kategori kualifikasi sangat tinggi (6) Dalam melakukan pelaksanaan pengajaran di SMP Negeri se-Kecamatan Kamal Kabupaten Bangkalan termasuk kategori kualifikasi sangat tinggi (7) Dalam melakukan evaluasi pengajaran di SMP Negeri se-Kecamatan Kamal Kabupaten Bangkalan termasuk kategori kualifikasi sangat tinggi (8) Ada hubungan yang signifikan antara intensitas pelaksanaan teknik supervisi pendidikan dengan kualitas mengajar guru di SMP Negeri se-Kecamatan Kamal Kabupaten Bangkalan. Berdasarkan hasil penelitian ini saran yang dapat dikemukan yaitu (1) bagi Kepala Sekolah di SMP Negeri se-Kecamatan Kamal Kabupaten Bangkalan sebaiknya dalam penggunaan teknik supervisi pendidikan lebih bervariasi sesuai dengan situasi dan kondisi sekarang ini yang dibutuhkan oleh guru agar guru lebih memiliki wawasan dan pengalaman yang lebih luas (2) bagi guru-guru di SMP Negeri se-Kecamatan Kamal Kabupaten Bangkalan sebaiknya memiliki persepsi yang positif terhadap pelaksanaan teknik supervisi pendidikan guna membantu guru dalam meningkatkan kualitas mengajarnya dan untuk mencapai tujuan dalam proses belajar mengajar (3) bagi peneliti lain berikutnya sebaiknya pada saat mengadakan penelitian berikutnya menggunakan variabel yang berbeda yang dapat meningkatkan kualitas mengajar guru.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S1 Administrasi Pendidikan
Depositing User: library UM
Date Deposited: 27 Sep 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/3318

Actions (login required)

View Item View Item