Rohmatika, Siti Fitria (2010) Pengelolaan program akselerasi di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 3 Kota Malang / Siti Fitria Rohmatika. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata kunci pengelolaan program akselerasi. Strategi pendidikan yang ditempuh selama ini bersifat klasikal massal yang memberikan perlakuan standar/rata-rata kepada semua peserta didik sehingga kurang memperhatikan perbedaan antar peserta didik dalam kecakapan minat dan bakatnya. Dengan strategi semacam ini keunggulan akan muncul secara acak dan sangat tergantung kepada motivasi belajar peserta didik serta lingkungan belajar dan mengajarnya. Oleh karena itu perlu dikembangkan keunggulan yang dimiliki oleh peserta didik agar potensi yang dimiliki menjadi prestasi yang unggul. Program akselerasi atau lebih dikenal dengan program pendidikan khusus bagi peserta didik cerdas istimewa/bakat istimewa adalah pelayanan pendidikan bagi anak yang memiliki kemampuan dan kecerdasan luar biasa yang dikelola dalam bentuk program akselerasi (kelas khusus) dalam waktu yang lebih cepat dibandingkan program reguler (program normal standar). Fokus dalam penelitian ini meliputi (1) latar belakang penyelenggaraan program akselerasi (2) perencanaan program akselerasi (3) pengorganisasian program akselerasi (4) pelaksanaan program akselerasi (5) pengawasan/evaluasi program akselerasi (6) faktor-faktor pendukung (internal dan eksternal) dan faktor-faktor penghambat (internal dan eksternal) program akselerasi dan (7) upaya pemecahan faktor-faktor penghambat (internal dan eksternal) program akselerasi di SMP Negeri 3 Malang. Tujuan penelitian ini meliputi (1) mendeskripsikan latar belakang penyelenggaraan program akselerasi (2) mendeskripsikan perencanaan program akselerasi (3) mendeskripsikan pengorganisasian program akselerasi (4) mendeskripsikan pelaksanaan program akselerasi (5) mendeskripsikan pengawasan/evaluasi (6) mendeskripsikan faktor-faktor pendukung (internal dan eksternal) dan faktor-faktor penghambat (internal dan eksternal) program akselerasi serta (7) mendeskripsikan upaya pemecahan faktor-faktor penghambat (internal dan eksternal) program akselerasi di SMP Negeri 3 Malang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah (1) wawancara (2) observasi dan (3) dokumentasi. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan perpanjangan keikutsertaan ketekunan/keajegan penelitian sehingga memungkinkan peningkatan derajat kepercayaan data yang dikumpulkan. Dilakukan pula triangulasi sumber dan data yaitu mengecek kebenaran informasi serta data dengan membandingkan sumber dan data dari sumber lain. Analisis data dilakukan dengan 3 teknik yaitu reduksi data display data dan verifikasi data. Temuan dalam penelitian ini adalah (1) latar belakang penyelenggaraan program akselerasi di SMP Negeri 3 Malang adalah banyak orangtua siswa yang mengusulkan agar sekolah tersebut menyelenggarakan program akselerasi kemudian pada tahun ajaran 2007/2008 SMP Negeri 3 Malang pertama kali menyelenggarakan program akselerasi (2) perencanaan program akselerasi dimulai dengan membentuk tim khusus untuk mengelola program akselerasi kurikulum yang di gunakan sama dengan program reguler atau program normal standar yaitu KTSP (3) pengorganisasian program akselerasi mendeskripsikan tentang kedudukan atau wewenang dalam dalam suatu organisasi yang memuat rincian tugas dari masing-masing jabatan. Jabatan tersebut terdiri dari penanggung jawab penasehat ketua program sie kurikulum sie kesiswaan sie sarana dan prasarana bendahara wali kelas dan tim pengajar program akselerasi (4) pelaksanaan program akselerasi merupakan realisasi dari program akselerasi yang dimulai dengan sosialisasi pendaftaran seleksi pengumuman sampai pelaksanaan pembelajaran dalam program akselerasi (5) pengawasan/evaluasi program akselerasi di SMP Negeri 3 Malang berupa laporan pertanggungjawaban kepada Dinas PSLB dalam bentuk laporan semester sistem evaluasi yang dilakukan sama dengan program regular dan siswa akselerasi harus memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yaitu 80 setiap mata pelajaran (6) faktor-faktor pendukung dan faktor-faktor penghambat di SMP Negeri 3 Malang meliputi sarana dan prasarana yang disediakan tenaga pengajar yang berpengalaman dan berkompeten serta melakukan seleksi yang bagus mengenai siswa yang akan masuk dalam program akselerasi ini peran komite sekolah yang ikut membantu dalam penyelenggaraan program sekolah. Sedangkan untuk faktor penghambat meliputi masalah waktu dan kegiatan sekolah yang berbenturan dengan aktivitas pembelajaran tuntutan orang tua serta perbedaan tingkat ekonomi orangtua siswa dan (7) upaya pemecahan faktor-faktor penghambat pihak sekolah memberikan kebijakan kepada siswa yang mengikuti kegiatan sekolah dengan memberikan pelajaran tambahan dan berusaha semaksimal mungkin untuk mengelola program akselerasi ini dengan mengembangkan potensi yang ada dalam diri siswa. Sedangkan untuk masalah tingkat ekonomi sekolah mengupayakan dengan subsidi silang bagi siswa yang kurang mampu. Saran dalam penelitian ini adalah kepada (1) kepala sekolah pelaksanaan program akselerasi hendaknya ditingkatkan lebih baik lagi dan faktor-faktor penghambat diminimalisasi agar tujuan dalam program akselerasi itu dapat tercapai (2) ketua program akselerasi hendaknya menjalin kerjasama dan melakukan studi banding dengan sekolah lain untuk pengembangan program akselerasi di SMP Negeri 3 Malang menjadi lebih meningkat lagi (3) guru program akselerasi hendaknya selalu meningkatkan peran sertanya dalam mengajar siswa program akselerasi yaitu dengan menerapkan berbagai model pembelajaran yang sesuai (4) akademisi Jurusan Administrasi Pendidikan hendaknya lebih memperbanyak pengembangan ilmu dengan mengadakan sosialisasi dalam bentuk pendidikan dan pelatihan (diklat) seminar dan simposium yang berhubungan dengan bagaimana cara mengelola suatu program yang baik khususnya program akselerasi dan (5) peneliti lain disarankan melakukan penelitian pengembangan untuk mengetahui proses pengelolaan program akselerasi dengan memperdalam topik dan permasalahan serta kajian teori.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S1 Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 20 Sep 2010 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2010 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/3316 |
Actions (login required)
View Item |