Hubungan antara pelaksanaan teknik pembinaan kemampuan mengajar guru oleh kepala sekolah dan mutu pembelajaran di SMA negeri se-kota Pasuruan / Anik Yuliyanti - Repositori Universitas Negeri Malang

Hubungan antara pelaksanaan teknik pembinaan kemampuan mengajar guru oleh kepala sekolah dan mutu pembelajaran di SMA negeri se-kota Pasuruan / Anik Yuliyanti

Yuliyanti, Anik (2010) Hubungan antara pelaksanaan teknik pembinaan kemampuan mengajar guru oleh kepala sekolah dan mutu pembelajaran di SMA negeri se-kota Pasuruan / Anik Yuliyanti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pembinaan kemampuan mengajar guru dalam hal ini dimaksudkan sama dengan supervisi yaitu suatu bentuk layanan yang diberikan kepada guru guna mengembangkan situasi belajar mengajar kearah yang lebih baik. Kepala sekolah sebagai seorang pemimpin supervisor dan manajer di suatu lembaga pendidikan telah banyak melakukan upaya pembinaan kemampuan mengajar kepada guru dengan menerapkan berbagai teknik. Beberapa teknik yang dilakukan adalah teknik kunjungan kelas teknik pertemuan pribadi teknik rapat guru dan teknik workshop. Mutu pembelajaran merupakan suatu dampak yang terjadi dari pelaksanaan pembinaan kemampuan mengajar guru dapat dikatakan bahwa hubungan pembinaan kemampuan mengajar guru dan mutu pembelajaran sangat erat. Artinya untuk menciptakan suatu pembelajaran yang bermutu guru sebagai pendidik harus memiliki tingkat kemampuan mengajar yang baik hal tersebut dapat diwujudkan dengan mengikuti kegiatan pembinaan kemampuan mengajar yang dilakukan oleh kepala sekolah. Penelitian tentang pembinaan kemampuan mengajar guru oleh Kepala Sekolah di SMA Negeri Se-Kota Pasuruan ini memiliki rumusan masalah yaitu (1) Bagaimanakah tingkat pelaksanaan pembinaan kemampuan mengajar guru oleh Kepala Sekolah di SMA Negeri Se-Kota Pasuruan (2) Bagaimanakah mutu pembelajaran di SMA Negeri Se-Kota Pasuruan (3) Apakah ada hubungan pelaksanaan pembinaan kemampuan mengajar guru oleh kepala sekolah dan mutu pembelajaran di SMA Negeri Se-Kota Pasuruan. Dengan rumusan masalah tersebut dapat diketahui tujuannya dari penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui bagaimana tingkat pelaksanaan pembinaan kemampuan mengajar guru oleh Kepala Sekolah di SMA Negeri Se- Kota Pasuruan (2) Untuk mengetahui bagaimana mutu pembelajaran di SMA Negeri Se-Kota Pasuruan (3) Untuk mengetahui hubungan pelaksanaan pembinaan kemampuan mengajar guru oleh kepala sekolah dan mutu pembelajaran di SMA Negeri Se-Kota Pasuruan. Penelitian ini menggunakan rancangan deskriptif korelasional yang terdiri dari dua variabel yaitu pembinaan kemampuan mengajar guru sebagai variable bebas dan mutu pembelajaran sebagai variabel terikat dengan menggunakan teknik analisis korelasi Pearson Product Moment. Analisis tersebut dilakukan dengan tujuan untuk menguji hipotesis penelitian yaitu ada atau tidaknya hubungan pembinaan kemampuan mengajar guru dengan mutu pembelajaran. Populasi penelitian ini adalah guru di SMA Negeri Se-Kota Pasuruan yang berjumlah 140 orang dan sampelnya 103 orang yang diambil dengan smenggunakan teknik Random Sampling sehingga setiap guru berhak menjadi sampel. Sedangkan teknik pengumpul data dalam penelitian ini menggunakan angket dengan skala Likert yang menyediakan empat alternatif jawaban yaitu selalu sering jarang dan tidak pernah. Hasil penelitian menunjukkan pembinaan kemampuan mengajar guru yang dilaksanakan oleh Kepala Sekolah di SMA Negeri Se-Kota Pasuruan terlaksana dengan sangat baik. Sedangkan untuk mutu pembelajaran di SMA Negeri Se-Kota Pasuruan sangat baik yang dapat dilihat dari hasil prestasi belajar siswa. Berdasarkan hasil analisis korelasi dengan menggunakan teknik Pearson Product Moment diperoleh hasil ada hubungan yang signifikan antara pembinaan kemampuan mengajar guru dan mutu pembelajaran di SMA Negeri Se-Kota Pasuruan. Disarankan kepada (1) Kepala sekolah di SMA Negeri Se-Kota Pasuruan diharapkan dapat melaksanakan pembinaan kemampuan mengajar kepada guru secara rutin dengan menggunakan teknik individu maupun kelompok karena hal tersebut terbukti berdampak pada mutu pembelajaran berupa prestasi belajar siswa (2) Guru SMA Negeri Se-Kota Pasuruan diharapkan selalu aktif dalam mengikuti pembinaan yang dilaksanakan oleh kepala sekolah serta dapat meningkatakan kualitas kerjanya dengan tujuan menciptakan pembelajaran yang bermutu berupa prestasi belajar siswa (3) Jurusan Administrasi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang diharapkan dapat menambah referensi baik berupa buku maupun pedoman mengenai pembinaan kemampuan mengajar dan mutu pembelajaran (4) Peneliti lain hasil penelitianini dapat dijadikan acuan apabila peneliti lain berminat meneliti lebih lanjut mengenai pembinaan kemampuan mengajar dan mutu pembelajaran dengan variabel populasi dan instrumen yang berbeda.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S1 Administrasi Pendidikan
Depositing User: library UM
Date Deposited: 29 Jul 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/3279

Actions (login required)

View Item View Item