Pengembangan instrumen tes hots berkonteks socioscientific issue (ssi) pada topik laju reaksi dan penerapannya pada siswa MA/SMA se-Madura / Itsnaniyah</p> - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan instrumen tes hots berkonteks socioscientific issue (ssi) pada topik laju reaksi dan penerapannya pada siswa MA/SMA se-Madura / Itsnaniyah</p>

Itsnaniyah (2024) Pengembangan instrumen tes hots berkonteks socioscientific issue (ssi) pada topik laju reaksi dan penerapannya pada siswa MA/SMA se-Madura / Itsnaniyah</p>. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pengembangan instrumen tes HOTS berkonteks socioscientific issue bertujuan untuk mengukur HOTS siswa MA/SMA se-Madura pada materi laju reaksi. Dari beberapa hasil penelitian sebelumnya di temukan bahwa HOTS siswa di Indonesia tergolong rendah. Salah satu penyebabnya karena kebanyakan instrument tes yang digunakan tidak menggunakan literasi dan konteks yang relevan dengan kehidupan sehari-hari. Dengan memasukkan konteks socioscientific issue siswa akan lebih terlatih untuk mengaitkan konten dengan kehidupan sehari-hari sehingga tes HOTS dapat menciptakan pengalaman evaluasi yang lebih relevan dengan kehidupan siswa. Ini juga sejalan dengan semangat pendidikan yang berfokus pada pembelajaran berbasis masalah dan kontekstual memastikan bahwa evaluasi tidak hanya menilai ingatan faktual tetapi juga kemampuan siswa untuk menghadapi tantangan kompleks dengan kreativitas dan pemikiran analitis Metode pengembangan dalam penelitian ini menggunakan metode pengembangan Brog and Gall yang meliputi beberapa tahapan yaitu pencarian informasi perencanaan pengembangan produk awal validasi ahli revisi I uji coba skala terbatas Revisi II uji coba skala luas Revisi akhir dan diseminasi dan implemetasi. Sampel implementasi pengembangan tes HOTS berkonteks SSI yaitu siswa kelas XI di 7 Sekolah Menengah Atas yang tersebar di 2 kabupaten di Madura dengan total partisipan pada uji coba skala terbatas sebanyak 73 siswa uji coba skala luas sebanyak 152 siswa dan implementasi sebanyak 423 siswa. Teknik sampling yang di gunakan adalah convenience sampling. Hasil pengembangan instrumen tes HOTS berkonteks SSI pada materi laju reaksi menghasilkan 17 soal pilihan ganda yang valid dan reliabel dengan menggunakan 4 konteks SSI. Hasil analisis data penelitian rata-rata skor HOTS siswa yaitu 37 21 yang menunjukkan bahwa keterampilan berpikir tingkat tinggi siswa SMA di Madura masih tergolong rendah/kurang. Sebesar 6 14% (26 siswa) berada pada kategori sangat baik 8 51% (36 siswa) berada pada kategori baik 19 62% (83 siswa) berada pada kategori cukup 39 72% (168 siswa) berada pada kategori kurang dan 26 01% (110 siswa) berada pada kategori sangat kurang. Berdasarkan proses penelitian dan pengembangan yang di lakukan di simpulkan bahwa instrumen tes HOTS yang menggunakan konteks SSI pada materi laju reaksi di nyatakan valid dan reliabel.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S2 Pendidikan Kimia
Depositing User: library UM
Date Deposited: 12 Feb 2024 04:29
Last Modified: 09 Sep 2024 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/322983

Actions (login required)

View Item View Item