Implementasi pembelajaran berbasis inkuiri dengan strategi oe3r dan efektivitasnya terhadap penguasaan konsep reaksi reduksi-oksidasi di Sekolah Menengah Atas / Ahmad Fariq Imas</p> - Repositori Universitas Negeri Malang

Implementasi pembelajaran berbasis inkuiri dengan strategi oe3r dan efektivitasnya terhadap penguasaan konsep reaksi reduksi-oksidasi di Sekolah Menengah Atas / Ahmad Fariq Imas</p>

Imas, Ahmad Fariq (2022) Implementasi pembelajaran berbasis inkuiri dengan strategi oe3r dan efektivitasnya terhadap penguasaan konsep reaksi reduksi-oksidasi di Sekolah Menengah Atas / Ahmad Fariq Imas</p>. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Imas Ahmad Fariq. 2021. Implementasi Pembelajaran Berbasis Inkuiri dengan Strategi OE3R dan Efektivitasnya Terhadap Penguasaan Konsep Reaksi Reduksi-Oksidasi di Sekolah Menengah Atas. Tesis Jurusan Pendidikan Kimia Fakultas Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. H. Sutrisno M.Si. (2) Dr. Hj. Hayuni Retno Widarti M.Si. Kata kunci pembelajaran berbasis inkuiri strategi OE3R penguasaan konsep reaksi reduksi-oksidasi Ilmu kimia mempelajari segala sesuatu tentang zat atau materi yang meliputi sifat perubahan komposisi struktur dinamika dan energetika yang melibatkan keterampilan dan penalaran. Siswa dalam mempelajari suatu materi sebaiknya diawali dengan mengamati fenomena-fenomena yang ada disekitarnya. Setelah mengamati kemudian siswa dituntut untuk menjelaskan fenomena tersebut dengan suatu metode dan alur berpikir yang jelas. Melalui langkah-langkah yang telah dilakukan siswa akan lebih memahami terhadap suatu materi tertentu dan pembelajaran akan menjadi lebih bermakna. Suatu pendekatan yang dapat mencakup langkah-langkah pembelajaran tersebut adalah pendekatan inkuiri. Inkuiri merupakan pendekatan pembelajaran bagi siswa untuk menemukan informasi dan ide untuk meningkatkan pemahaman mereka terhadap suatu permasalahan melaui aktivitas saintifik. Pembelajaran secara inkuiri telah berkembang dengan berbagai versi akan tetapi langkah-langkah dalam pembelajaan secara inkuiri memiliki karakteristik pembelajaran yang identik. Telah dikembangkan strategi pembelajaran OE3R (Orientasi Eksplorasi Eksplanasi Elaborasi dan Refleksi) sebagai inovasi dalam pembelajaran kimia. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi strategi OE3R pada materi reaksi redoks serta melihat respon siswa terhadap pelaksanaannya. Implementasi pembelajaran dengan strategi OE3R dilakukan pada 35 siswa kelas X-MIPA di SMA yang berada di Kabupaten Malang. Deskripsi dari implementasi strategi OE3R diperoleh dengan cara membandingkan waktu pelaksanaan pembelajaran dengan waktu yang tercantum dalam RPP (Rancangan Pelaksanaan Pembelajaran). Respon siswa diperoleh dengan cara menjaring tanggapan melalui angket. Sedangkan untuk penguasaan konsep diperoleh dengan tes berupa 35 butir soal. Hasil dari penerapan strategi OE3R dapat disimpulkan bahwa keterlaksanaan pembelajaran dengan strategi OE3R cukup efektif dan siswa dapat menerima materi reaksi redoks dengan baik. Penerapan strategi OE3R dapat meningkatkan penguasaan konsep siswa dibandingkan penerapan pembelajaran konvensional. Tanggapan atau persepsi siswa terhadap strategi OE3R adalah siswa memberikan respon yang baik dan mengharapkan strategi OE3R dapat diterapkan untuk materi kimia lainnya.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S2 Pendidikan Kimia
Depositing User: library UM
Date Deposited: 20 Jun 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/322962

Actions (login required)

View Item View Item