Analisis keterampilan proses sains siswa pada materi hidrolisis garam kelas xi SMA / Eka Puspita Kartika Sari</p> - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis keterampilan proses sains siswa pada materi hidrolisis garam kelas xi SMA / Eka Puspita Kartika Sari</p>

Sari, Eka Puspita Kartika (2021) Analisis keterampilan proses sains siswa pada materi hidrolisis garam kelas xi SMA / Eka Puspita Kartika Sari</p>. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Keterampilan Proses Sains (KPS) merupakan keterampilan khusus untuk menyederhanakan pembelajaran IPA. KPS dibagi menjadi dua yaitu KPS dasar dan KPS terintegrasi. KPS merupakan salah satu komponen utama sains di samping pengetahuan sains dan juga kompoen penting scientific literacy yang merupakan salah satu capaian pembelajaran utama Pendidikan dasar dan menengah di Indonesia. Salah satu konsekuensi dari penempatan KPS sebagai capaian pembelajaran adalah tersedianya instrumen penilaian guna memantau dan meningkatkan KPS siswa. Namun demikian sebagai komponen penting penilaian instrumen penilaian KPS belum banyak ditemukan di sekolah. KPS memiliki kaitan erat dengan materi Hidrolisis Garam dan sejauh penelusuran yang dilakukan masih belum ada instrument penilaian KPS materi ini yang melibatkan seluruh indicator dalam KPS. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan tes KPS materi hidrolisis garam yang valid dan reliabel serta melakukan analisis KPS siswa kelas XI. Penelitian ini menggunakan desain penelitian survey. Terdapat dua tahap dalam penelitian ini yaitu pengembangan instrumen dan survey. Pengembangan tes dilakukan dalam lima tahap (1) telaah literatur (2) pengembangan butir soal (3) penilaian ahli (4) uji coba dan (5) finalisasi tes. Uji coba melibatkan 150 siswa kelas 11 yang telah mempelajari hidrolisis garam. Penelitian ini menggunakan kerangka KPS yang mencakup tiga komponen besar yaitu KPS dasar (B-KPS meliputi observasi pengklasifikasian pengukuran komunikasi dan pencatatan data) KPS causal (C-KPS meliputi menyimpulkan memprediksi mendefinisikan secara operasional dan mengidentifikasi variabel) dan KPS experimental (E-KPS meliputi membuat hipotesis merancang eksperimen mengubah dan mengendalikan variabel pemodelan dan interpretasi data). Hasil dari penelitian ini yaitu terdapat 28 soal valid dengan koefisien reliabilitas sebesar 0 891 dan validitas konten sebesar 0 9 dengan kategori hampir sempurna atau sangat baik sekali. Dari survey yang dilakukan KPS materi hidrolisis garam siswa SMA di Banyuwangi sebesar 76 5% dan termasuk dalam kriteria tinggi. Ditinjau dari aspek B-KPS hasilnya sebesar 73 9% dengan kriteria tinggi ditinjau dari aspek C-KPS hasilnya sebesar 77 8% dengan kriteria tinggi ditinjau dari aspek E-KPS hasilnya sebesar 77 7% dengan kriteria tinggi. Hasil KPS siswa juga menunjukkan bahwa nilai yang diperoleh sesuai dengan tingkat kategori sekolah yaitu tinggi sedang dan rendah.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S2 Pendidikan Kimia
Depositing User: library UM
Date Deposited: 30 Mar 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/322929

Actions (login required)

View Item View Item