Pengembangan e-asesmen formatif berbasis kehidupan sehari-hari untuk mengurangi kesalahan konsep dan meningkatkan penguasaan konsep gelombang / Ratih Niela Wulandari</p> - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan e-asesmen formatif berbasis kehidupan sehari-hari untuk mengurangi kesalahan konsep dan meningkatkan penguasaan konsep gelombang / Ratih Niela Wulandari</p>

Wulandari, Ratih Niela (2023) Pengembangan e-asesmen formatif berbasis kehidupan sehari-hari untuk mengurangi kesalahan konsep dan meningkatkan penguasaan konsep gelombang / Ratih Niela Wulandari</p>. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengembangkan program asesmen formatif pada platform android serta balikan yang memuat materi karakteristik gelombang dengan berbasis fenomena sehari-hari. Supaya konsep yang dipelajari semakin mudah diingat maka konsep fisika dapat disampaikan dengan menghubungkannya dengan fenomena kehidupan sehari-hari. Penguasaan konsep karakteristik gelombang dinilai penting karena menjadi dasar untuk menguasai konsep gelombang berjalan gelombang stasioner dan superposisi. Berdasarkan penelitian terdahulu materi gelombang sulit dipahami oleh peserta didik karena konsep gelombang sulit dipelajari menggunakan representasi kata dan gambar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penilitian dan pengembangan yang mengacu pada model pengembangan ADDIE. Instrumen penelitian berupa angket kevalidan konten dan media angket kepraktisan dan tes penguasaan konsep gelombang. Angket kevalidan dinilai oleh 3 guru fisika sedangkan angket kepraktisan dinilai oleh peserta didik kelas eksperimen. Subyek penelitian merupakan 45 peserta didik kelas kontrol dan 50 peserta didik kelas eksperimen SMAN di Kabupaten Blitar. Hasil dari penelitian adalah produk yang diberi nama ldquo ANFORAS rdquo (Android Based Formative Assessment). Hasil validasi produk oleh praktisi sebesar 89% dan kepraktisan oleh peserta didik sebesar 88% sehingga produk dinyatakan layak. Pada uji efektivitas produk diketahui terdapat peningkatan nilai untuk kelas eksperimen dengan kategori sedang melalui uji N-Gain. Pengurangan kesalahan konsep kelas eksperimen sebesar 42 7% sedangkan kelas kontrol sebesar 21 5%. Berdasarkan hasil tersebut temuan dari penelitian ini adalah sebuah aplikasi android untuk penilaian formatif berbasis kehidupan sehari-hari yang dinilai efektif mengurangi kesalahan konsep dan efektif digunakan dalam pembelajaran karakteristik gelombang.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S2 Pendidikan Fisika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 06 Sep 2023 04:29
Last Modified: 09 Sep 2023 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/322892

Actions (login required)

View Item View Item