Pengaruh flipped classroom kolaboratif dalam inquiry based learning terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa materi gelombang mekanik di SMA / Kharisma Liputo</p> - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh flipped classroom kolaboratif dalam inquiry based learning terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa materi gelombang mekanik di SMA / Kharisma Liputo</p>

Liputo, Kharisma (2022) Pengaruh flipped classroom kolaboratif dalam inquiry based learning terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa materi gelombang mekanik di SMA / Kharisma Liputo</p>. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kemampuan pemecahan masalah merupakan salah satu alat utama untuk membantu siswa memahami konsep Fisika. Kemampuan ini sangat penting dilatihkan tetapi faktanya rendah di kalangan siswa utamanya pada materi gelombang mekanik. Siswa sulit dalam memahami perambatan gelombang karakteristik gelombang dan superposisi gelombang. Oleh sebabnya peneliti maupun pendidik perlu menggunakan berbagai strategi untuk melatih dan mengembangkan kemampuan pemecahan masalah. Penelitian ini menggunakan proses Inquiry dengan melibatkan siswa dalam proses penemuan ilmiah yang otentik. Untuk memfasilitasi proses Inquiry digunakan Flipped Classroom secara kolaboratif dimana siswa dapat berkolaborasi dalam mempelajari bahan belajar yang dibagikan melalui forum WAG. Tujuan penelitian ini menganalisis pengaruh Flipped Classroom kolaboratif dalam Inquiry Based Learning terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa pada materi gelombang mekanik di SMA. Metode yang digunakan adalah Explanatory Sequential Design. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI MIPA yang dipilih menjadi dua kelas melalui teknik purposive sample. Dua kelas terdiri atas kelompok eksperimen 35 orang siswa dan kelompok kontrol 36 orang siswa. Selanjutnya data kualitatif memilih siswa yang terpengaruh oleh intervensi pada kelas eksperimen. Instrument penelitian terdiri atas perangkat pembelajaran soal kemampuan awal dan kemampuan pemecahan masalah pedoman wawancara. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui pelaksanaan pretest-posttest dan wawancara. Data kuantitatif dianalisis secara statistik parametrik menggunakan ANCOVA. Data kualitatif digeneralisasikan dan dikaitkan dengan hasil kuantitatif untuk memperoleh gambaran penjelasan yang dibutuhkan. Hasil penelitian menunjukkan terdapat perbedaan yang cukup signifikan secara statistika mengenai kemampuan pemecahan masalah siswa yang diajarkan melalui Flipped Classroom kolaboratif dalam IBL lebih tinggi dibanding siswa yang diajarkan melalui tradisional Flipped Classroom dengan mengontrol kemampuan awal. Hal tersebut berdasarkan ANCOVA dimana diperoleh nilai yang lebih kecil dari taraf signifikansi (p lt 0 05) sebesar 0 000. Dengan kata lain pendekatan Flipped Classroom kolaboratif dalam IBL memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan pemecahan masalah. Fase-fase yang berbeda dari IBL membantu siswa melatih kemampuannya dalam memecahkan masalah. Kegiatan IBL akan terlaksana dengan baik jika difasilitasi dengan pendekatan Flipped Classroom secara kolaboratif. Melalui Flipped Classroom kolaboratif dalam IBL siswa mampu memecahkan permasalahan yang berkaitan dengan jenis gelombang berdasarkan perambatannya karakteristik gelombang besaran-besaran fisis pada gelombang berjalan dan gelombang stasioner.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S2 Pendidikan Fisika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 05 Dec 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/322868

Actions (login required)

View Item View Item