Program resitasi berbasis multi representasi disertai umpan balik dan soal penguatan untuk meningkatkan penguasaan konsep momentum dan impuls / Handy Faishal Rahim</p> - Repositori Universitas Negeri Malang

Program resitasi berbasis multi representasi disertai umpan balik dan soal penguatan untuk meningkatkan penguasaan konsep momentum dan impuls / Handy Faishal Rahim</p>

Rahim, Handy Faishal (2022) Program resitasi berbasis multi representasi disertai umpan balik dan soal penguatan untuk meningkatkan penguasaan konsep momentum dan impuls / Handy Faishal Rahim</p>. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kegiatan pembelajaran fisika memiliki tujuan diperolehnya penguasaan konsep yang baik oleh mahasiswa. Dalam proses pembelajaran mahasiswa tidak hanya dituntut untuk memahami konsep secara utuh melainkan juga dapat menerapkannya dalam pemecahan masalah fisika. Pada penelitian ini digunakan penelitian eksperimen berbentuk eksperimen semu. Subjek penelitian yaitu seluruh mahasiswa prodi S1 Fisika Universitas Negeri Malang yang mengikuti mata kuliah Fisika Dasar tahun ajaran 2020/2021. Dari subjek penelitian diperoleh data kuantitatif yang dianalisis menggunakan analisis statistik deskriptif dan data kualitatif diperoleh dari hasil wawancara angket respon dan logbook. Sebelum menggunakan resitasi mahasiswa diberikan pretest dan menghasilkan rata-rata skor penguasaan konsep sebesar 30 78 sekaligus setelah pretest mahasiswa diwawancara untuk mengetahui sejauh mana penguasaan konsep mahasiswa. Setelah diberikan resitasi mahasiswa mendapatkan skor rata-rata pada posttest 52 78 sehingga nilai N-gain kelas dalam kategori sedang. Angket respon dan wawancara juga dilakukan setelah pemberian resitasi menghasilkan respon positif bahwa mahasiswa merasa sangat terbantu dalam memahami konsep momentum dan impuls dikarenakan terdapat umpan balik dan soal penguatan berbasis multireprestasi serta multikonteks di dalam program resitasi. Ditinjau dari skor rata-rata pretest-posttest yang meningkat mahasiswa mengalami peningkatan penguasaan konsep namun dalam penelitian ini juga ditemukan adanya kesulitan yang dimiliki mahasiswa. Peningkatan penguasaan konsep pada mahasiswa didasarkan pada nilai N-gain tiap butir soal jika nilai N-gain dalam kategori tinggi dan sedang maka dapat dikatakan meningkat namun jika dalam kategori rendah maka mahasiswa masih mengalami kesulitan. Pada bahasan hukum kekekalan momentum mahasiswa masih mengalami kesulitan dalam menyimpulkan hubungan energi kinetik terhadap momentum benda. Sedangkan pada topik impuls sebagai perubahan momentum pola pikir mahasiswa masih kurang dalam mengidentifikasi persamaan.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S2 Pendidikan Fisika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 11 Aug 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/322847

Actions (login required)

View Item View Item