Seprapti, Anggreni Indika (2022) Pemahaman konseptual dan kemampuan pemecahan masalah dalam model phenomenon based distance learning berbantuan google classroom pada konsep momentum dan impluls di SMAN 7 Kota Bengkulu / Anggreni Indika Seprapti</p>. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Momentum dan Impluls merupakan salah satu topik mekanika dengan konsep abstrak sehingga menyebabkan siswa kesulitan. Kesulitan siswa pada konsep ini yaitu kesulitan menghubungkan konsep Momentum dan energi kinetik hukum kekekalan momentum menentukan arah momentum. Penelitian sebelumnya menjelaskan dalam mengatasi permasalahan pemahaman konseptual dan kemampuan pemecahan masalah masih rendah telah menerapkan berbagai model namun masih jarang yang menggunakan pembelajaranberbasis Fenomena. Pembelajaran berbasis fenomena salah satunya Phenomenon based learning yang dapat diterapakan di masa pandemik covid-19 yang akan diintegrasikan dengan distance learning Tujuan Penelitian ini adalah Untuk mengetahui Pemahaman konseptual dan kemampuan pemecahan masalah dalam Model PhenoBDL Berbantuan Google Classroom Pada Konsep Momentum dan Impluls. Penelitian ini menggunakan desain penelitian yaitu embedded experimental design dengan menggunakan 2 kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Penelitian dilakukan di SMAN 7 kota Bengkulu dengan jumlah siswa 70 orang. Data yang dikumpulkan berupa hasil tes wawancara dan Observasi. Jawaban hasil tes pemahaman konseptual akan dikategorikan dalam 5 kategori yaitu SU PU PSUM SM dan NU. Sedangkan hasil tes Kemampuan pemecahan masalah akan dikategorika 4 kategori yaitu Scientific Approach Plug and chug (Stuctured manner dan Unstructured manner Memory based approach dan No Clear approach. Hasil Jawaban Siswa akan dianalisis Uji Beda Ngain dan effect size. Hasil Wawancara dan Observasi akan direduksi dan ditarik kesimpulan. Hasil Penelitian Menunjukkan bahwa terdapat perbedaan signifikan pemahaman konseptual siswa pada konsep Momentum dan Impluls antara kelas eksperimen dan kontrol dengan nilai sig 0 00 lt 0 05.Hal ini membuktikan bahwa pembelajaran PhenoBDL berbantuan googleclassroom memberikan dampak rendah dalam meningkatkan pemahaman konseptual siswa. Berdasarkan Uji t kemampuan pemecahan masalah dengan sig 0 004 lt 0 005 menunjukkan terdapat perbedaan signifikan kemampuan pemecahan masalah siswa pada konsep Momentum dan Impluls antara kelas eksperimen dan kontrol. Nilai Ngain kelas eksperimen 0 41(sedang) dan kelas kontrol 0 33( sedang) sedangkan hasil effect size kelas eksperimen 2 44(tinggi) dan kelas kontrol 1 44( tinggi). Hal ini membuktikan bahwa pembelajaran PhenoBDL berbantuan googleclassroom memberikan dampak sedang dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa. Pengkategorian Level pemahaman konseptual siswa pada konsep Momentum dan Impluls pada level PUSM. Ketika pretest level pemahaman konseptual siswa berada pada level NU SM PUSM Sedangkan hasil posttest pada level PU PUSM dan SM. Sedangkan Pengkategorian kemampuan pemecahan masalah siswa pada subkonsep Hubungan Momentum dan Impluls pada Plug and Chug Stucture Manner subkonsep Hukum Kekakalan Momentum pada Scientific Approach subkonsep Hukum kekekalan Energi Plug and Chug Stucture Manner
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S2 Pendidikan Fisika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 02 Jun 2022 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2022 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/322846 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |