Strategi metakognitif siswa dalam menyelesaikan masalah ditinjau dari kecemasan matematika / Linda Ramadhanty Januar</p> - Repositori Universitas Negeri Malang

Strategi metakognitif siswa dalam menyelesaikan masalah ditinjau dari kecemasan matematika / Linda Ramadhanty Januar</p>

Januar, Linda Ramadhanty (2022) Strategi metakognitif siswa dalam menyelesaikan masalah ditinjau dari kecemasan matematika / Linda Ramadhanty Januar</p>. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Strategi metakognitif siswa dalam nenyelesaikan masalah adalah strategi pembelajaran yang melibatkan pemikiran atau pengetahuan mengenai proses pembelajaran perencanaan bagi pembelajaran pemantauan pembelajaran selama berlangsung penilaian pembelajaran setelah selesai tugas saat siswa menyelesaikan masalah masalah matematika. Salah satu faktor yang dapat mempengaruhi strategi metakognitif siswa adalah kecemasan matematika. Studi pendahuluan yang dilakukan di SMPN 3 Sampang menunjukkan bahwa siswa telah melakukan strategi metakognitifnya dengan baik dan dapat dieksplorasi lebih lanjut. Siswa yang dijadikan subjek dalam penelitian pendahuluan memiliki perbedaan dalam tahapan strategi metakognitfnya. Berdasarkan hal tersebut peneliti akan fokus untuk mengkaji strategi metakognitif siswa dalam menyelesaikan masalah ditinjau dari kecemasan matematika. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Penelitian dilaksanakan pada bulan Juli-Agustus 2022. Subjek Penelitian adalah 6 siswa kelas IX-A SMPN 3Sampang yaitu 2 siswa dengan kecemasan matematika rendah 2 siswa dengan kecemasan matematika sedang dan 2 siswa dengan kecemasan matematika tinggi. Data pada penelitian ini dikumpulkan melalui angket tes dan wawancara. Hasil penelitian yang diperoleh adalah sebagai berikut (1) siswa dengan kecemasan matematika rendah mampu melakukan semua tahapan strategi metakognitif dengan baik. (2) siswa dengan kecemasan matematika sedang mampu memperkirakan beberapa kemungkinan yang ada dalam permasalahan namun pada tahapan monitoring and control mereka merasa ragu-ragu dalam proses penyelesaiannya. Pada tahapan evaluation and reflection siswa merasa perlu melakukan pengecekan ulang pada jawaban yang diperoleh . (3) siswa dengan kecemasan matematika tinggi tidak mampu menyelesaikan soal yang diberikan. Sehingga semua tahapan strategi metakognitif tidak terpenuhi.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 14 Dec 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/322704

Actions (login required)

View Item View Item