Perilaku belajar menulis karya ilmiah mahasiswa Thailand di Malang / Ibrahem Jeh-ubong</p> - Repositori Universitas Negeri Malang

Perilaku belajar menulis karya ilmiah mahasiswa Thailand di Malang / Ibrahem Jeh-ubong</p>

Jeh-ubong, Ibrahem (2021) Perilaku belajar menulis karya ilmiah mahasiswa Thailand di Malang / Ibrahem Jeh-ubong</p>. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Jeh-Ubong Ibrahem. 2021. Perilaku Belajar Menulis Karya Ilmiah Mahasiswa Thailand di Malang. Tesis Program Studi Magister Pendidikan Bahasa Indonesia Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing Prof. Dr. Imam Suyitno M.Pd amp Dr. Imam Agus Basuki M.Pd Kata Kunci Perilaku Belajar Menulis Karya Ilmiah Mahasiswa Thailand Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perilaku belajar dalam menulis karya ilmiah mahasiswa Thailand di Malang. Perilaku belajar dalam menulis karya ilmiah difokuskan dalam menemukan gagasan memaparkan gagasan dengan menggunakan bahasa Indonesia formal dan mengatasi kesulitan dalam mengembangkan gagasan ke dalam bentuk tulisan ilmiah. Berkaitan dengan hal tersebut maka perlu mendeskripsikan problematika menulis khususnya aktivitas menulis. Kemampuan menulis yang merupakan suatu bentuk keterampilan berbahasa yang paling sulit dikuasai oleh pembelajar bahasa kedua khususnya mahasiswa Thailand. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi kasus. Sesuai dengan delapan tahapan yang dikemukakan Ellis yakni terdiri dari delapan tahapan starting chaining browsing differentiating monitoring extracting verifying dan ending. Berdasarkan model Ellis dan kenyataan di lapangan ditemukan data bahwa mahasiswa menghasilkan pola yang khas dalam menemukan gagasan dalam menulis karya ilmiah. Terdiri dari delapan tahapan dimulai dengan menentukan topik bertanya kepada teman atau orang yang dianggap ahli mendapatkan atau memperoleh sumber rujukan menggali secara mendalam terhadap sumber yang telah dapat melakukan pemilihan yang dianggap penting menyimpan data melakukan verifikasi data dan melakukan penyajian data. Berdasarkan hasil penelitian kemampuan menulis yang baik dalam penulisan karya ilmiah mahasiswa Thailand di Malang dapat mengembangkan prestasi yang ada pada dirinya. Diperlukan pula pembiasaan membaca dan pelatihan intensif dalam menulis untuk menumbuhkan kemampuan menulis karya ilmiah yang berguna bagi studinya.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S2 Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: library UM
Date Deposited: 20 Mar 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/322369

Actions (login required)

View Item View Item