Rhespati, Dian Ayu (2024) Penggunaan metode mmr disertai video terhadap kemampuan kosakata dan menyusun kalimat kelas tinggi sdlb tunarungu di SLB riverkids dan SLB putra jaya / Dian Ayu Rhespati</p>. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Tunarungu adalah keadaan Dimana anak mengalami gangguan pada kemampuan mendengarnya. Anak tunarungu memiliki perbendaharaan kosakata yang sedikit. Sedikitnya perbendaharaan kosakata tersebut disebabkan karena kemampuan mendengar yang kurang sehingga anak tidak mampu menerima kosakata baru yang mengakibatkan kesulitan dalam berkomunikasi. Selainan kesulitan dalam komunikasi mereka juga kesulitan dalam menyusun kalimat. Salah satu Langkah yang dapat mengatasi masalah diatas adalah dengan menerapkan Metode Maternal Reflektif (MMR). Metode Maternal Reflektif (MMR) lebih menonjolkan cara ibu dalam mengajarkan Bahasa kepada anak yang mana pengajaran tersebut dilakukan secara ilmiah. Tujuan penelitian ini untuk (1) mendeskripsikan kemampuan kosakata siswa tunarungu sebelum dan sesudah menggunakan Metode Maternal Reflektif (2) mendeskripsikan kemampuan Menyusun kalimat siswa tunarungu sebelum dan sesudah menggunakan Metode Maternal Reflektif (3) mendeskripsikan hubungan kosakata dan Menyusun kalimat. Jenis penelitian ini adalah penelitian Quasi Eksperiment dengan one group pretest posttest design yang menerapkan lima kali pretest dan lima kali postes. Teknik analisis untuk menguji hipotesis dengan menggunakan program SPSS 25 for Windows. Hasil penelitian menunjukkan perbedaan yang signifikan antara hasil pretes dan hasil postes. Hal ini dibuktikan dengan hasil output yang diperoleh dari uji korelasi MMR terhadap kosakata nilai p adalah 0 004 karena nilai Sig.(2-tailed) lt dari 0 05 maka artinya ada hubungan yang signifikan antara MMR dan kosakata. Kemudian hasil output yang diperoleh dari uji korelasi MMR terhadapa kemampuan Menyusun kalimat nilai p adalah 0 017 karena nilai Sig. (2-tailed) lt dari 0 05 maka dapat diartikan ada hubungan yang signifikan antara MMR dan Menyusun kalimat. Dan juga terdapat hasil output dari uji korelasi kemampuan kosakata dan Menyusun kalimat didapat nilai p adalah 0 017 nilai Sig. (2-tailed) lt dari 0 05 maka dapat diartikan bahwa ada hubungan yang signifikan antara kemampuan kosakata dan menyusun kalimat. Kesimpulan dari penelitian ini adalah Metode Maternal Reflektif (MMR) dapat mempengaruhi penambahan kosakata dan penyusunan kalimat anak tunarungu.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Biasa(PLB) > S2 Pendidikan Khusus |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 08 Mar 2024 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2024 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/322285 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |