Implementasi dimensi profil pelajar pancasila dalam ekstrakurikuler pushbike di TK Laboratorium UM / Laili Mufarrihah</p> - Repositori Universitas Negeri Malang

Implementasi dimensi profil pelajar pancasila dalam ekstrakurikuler pushbike di TK Laboratorium UM / Laili Mufarrihah</p>

Mufarrihah, Laili (2024) Implementasi dimensi profil pelajar pancasila dalam ekstrakurikuler pushbike di TK Laboratorium UM / Laili Mufarrihah</p>. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan implementasi dimensi-dimensi profil pelajar Pancasila dalam ekstrakurikuler pushbike di TK Laboratorium UM. Profil pelajar Pancasila memiliki enam elemen yaitu beriman amp bertakwa kepada Tuhan YME dan berakhlak mulia berkebhinekaan global gotong royong mandiri bernalar kritis dan berpikir kreatif. Pushbike secara istilah adalah sepeda roda dua tanpa menggunakan pedal dan rem sepeda ini berfungsi seperti sepeda pada umumnya tetapi cara menggunakannya bukan dikayuh melainkan dengan dorongan kaki ke tanah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan desain studi kasus. Teknik pengambilan data yang digunakan adalah wawancara observasi dan dokumentasi. Penelitian dilaksanakan pada bulan April dilanjutkan Oktober dan November di TK Laboratorium UM kota Malang. Teknik analisis data menggunakan teori dari Miles Huberman dan Saldana yang terdiri dari kondensasi data penyajian data dan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dimensi beriman bertakwa kepada Tuhan YME dan berakhlak mulia tidak dapat diimplementasikan secara maksimal pada ekstrakurikuler push bike. Dimensi berkebhinekaan global tidak dapat diimplementasikan dalam ekstrakurikuler push bike. Dimensi gotong royong dapat diimplementasikan dengan kerja sama kolaborasi dan kepedulian. Dimensi mandiri dapat diimplementasikan dalam ekstrakurikuler pushbike ditunjukkan dengan anak-anak dapat menyelesaikan tugas secara mandiri. Dimensi bernalar kritis dapat diimplementasikan ditunjukkan dengan kemampuan anak bertanya dan memberikan alasan pada setiap keputusan yang diambil sedangkan berpikir kreatif tidak dapat diimplementasikan dalam ekstrakurikuler pushbike.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S2 Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: library UM
Date Deposited: 08 Jan 2024 04:29
Last Modified: 09 Sep 2024 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/322238

Actions (login required)

View Item View Item