Pengembangan modifikasi ular tangga digital untuk mengembangkan higher order thinking skills pada anak usia 5-6 tahun / Pipin Okta Viani</p> - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan modifikasi ular tangga digital untuk mengembangkan higher order thinking skills pada anak usia 5-6 tahun / Pipin Okta Viani</p>

Viani, Pipin Okta (2021) Pengembangan modifikasi ular tangga digital untuk mengembangkan higher order thinking skills pada anak usia 5-6 tahun / Pipin Okta Viani</p>. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Viani Pipin Okta. 2021. Pengembangan Modifikasi Ular Tangga Digital untuk Mengembangkan Higher Order Thinking Skills Pada Anak Usia 5-6 Tahun Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Alif Mudiono M.Pd. Pembimbing (2) Dr. M. Ishaq M.Pd. Kata kunci Ular tangga higher order thingking skills Taman kanak-kanak termasuk ke dalam jenjang pendidikan anak usia dini yakni usia enam tahun atau di bawahnya dalam bentuk pendidikan formal nonformal dan informal. Pendekatan pola pembelajaran berpikir kritis yang dapat dijalankan adalah salah satunya dengan menerapkan pembelajaran Higher Order Thinking Skill (HOTS). Penerapan pendekatan HOTS dianggap sebagai pendekatan yang efektif dalam menumbuhkan proses berpikir kritis yang berbasis pada fitrah dan tugas perkembangan yang sedang dijalani anak Tujuan penelitian dan pengembangan ini adalah mengembangkan permainan ular tangga digital untuk mengembangkan higher order thingking skills pada anak Usia 5-6 tahun. Hasil validasi dari ahli materi/isi pada produk yang dikembangkan mencapai 100% dengan kriteria sangat valid. Saran yang diberikan oleh ahli materi/isi meliputi Perhatikan tujuan pembelajaran di sesuaian dengan permainan ular tangga dan bahasa intruksi guru udah dipahami oleh anak. Perhatikan faktor keamanan pada kegiatan ular tangga. Hasil validasi dari ahli media pada produk yang dikembangkan ini mencapai 90% dengan kriteria sangat valid. Tingkat kepraktisan dan keefekktifan produk diperoleh dari hasil pengisian angket setelah uji coba lapangan yang mencapai 95 83% dengan kriteria sangat pratis dan 90% sangat efektif. Saran perbaikan yang diperoleh yaitu Warna pada kotak diberi warna lain lagi tidak hanya dua warna Mudah dipahami dapat ditambahkan gambar-gambar yang lebih banyak lagi. Sedangkan pada uji pelaksanaan lapangan didapatkan hasil 98 61% dengan kriteria sangat praktis dan 90% dari hasil responden tiga kelompok menunjukkan hasil sangat efektif. Saran untuk pengembangan lebih lanjut meliputi (1) produk yang telah dikembangkan oleh peneliti dapat disesuaikan dengan tema- tema yang ada di sekolah (2) produk yang dikembangkan hanya terbatas pada sebuah aplikasi permainan ular tangga saja akan lebih baik jika peneliti lain dapat mengembangkan permainan dalam bentuk lain selain ular tangga (3) uji coba produk hanya dilakukan di satu lembaga taman kanak-kanak akan lebih baik jika uji coba dilakukan kepada beberapa lembaga agar pengaruh permainan ular tangga digital dalam mengembangkan higher order thinking lebih maksimal. .

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S2 Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: library UM
Date Deposited: 06 Apr 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/322221

Actions (login required)

View Item View Item