Nurhayati, Sri (2022) Pengelolaan ekstrakurikuler tari kreasi baru untuk menumbuhkan kecerdasan kinestetik dan kecerdasan interpersonal anak TK Aisyiyah Bustanul Athfal 2 Kota Malang / Sri Nurhayati</p>. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
RINGKASAN Nurhayati Sri. 2022. Pengelolaan Ekstrakurikuler Tari Kreasi Baru Untuk Menumbuhkan Kecerdasan Kinestetik dan Kecerdasan Interpersonal Anak Tk Aisyiyah Bustanul Athfal 2 Kota Malang. Tesis Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Sa rsquo dun Akbar M.Pd. (II) Dr. Dedi Kuswandi M.Pd. Kata Kunci pengelolaan kecerdasan kinestetik kecerdasan interpersonal Pendidikan bukan saja mengajarkan mengenai intelektual tetapi sebagai upaya orang dewasa untuk membina mengarahkan dan mengembangkan kepribadian serta kemampuan dasar yaitu pada jasmani dan rohani peserta didik dalam membentuk kepribadian yang utama. Terdapat empat fokus dalam penelitian 1) bagaimana perencanaan ekstrakurikuler tari kreasi baru di TK ABA 2 Kota Malang 2) bagaimana pengorganisasian ekstrakurikuler tari kreasi baru TK ABA 2 Kota Malang 3) bagaimana pelaksanaan ekstrakurikuler tari kreasi baru di TK ABA 2 Kota Malang 4) bagaimana penilaian ekstrakurikuler tari kreasi baru untuk menumbuhkan kecerdasan kinestetik dan kecerdasan interpersonal anak di TK ABA 2 Kota Malang. Adapun metode penelitian yang peneliti gunakan ialah kualitatif deskriptif yang mana peneliti sebagai instrumen kunci dalam memperoleh bayaknya informasi di TK Aisyiyah Bustanul Athfal 2 Kota Malang. Dari sumber primer seperti kepala sekolah dan guru ekstrakurikuler dan sumber data sekunder yang didapat dari dokumen serta arsip sekolah dengan menggunakan teknik pengupulan data dengan cara observasi wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan miles hubarman dan saldana (2014) mengguanakan kondensasi data penyajian data dan penarikan kesimpuan. Serta uji keabsahan data dengan cara uji kredibilitas transferability dependability dan confirmability. Hasil penelitian yang ditemukan berdasarkan fokus permasalahan ialah 1) perencanaan yang dilakukan oleh TK Aisyiyah Bustanul Athfal 2 dengan perecanaan tertulis. Pelaksanaannya sangat optimal sesuai dengan prosedur perencanaan ekstrakurikuler seperti melakukan analisis kebutuhan menentukan jenis mempertimbangkan latar belakang menentukan tujuan dan anggaran materi sarana dan prasarana output serta kriteria guru ekstrakurikuler 2) tenaga pendidik pada lembaga ini masih kurang dikarenakan kurangnya biaya sehingga masing-masing pendidik saling bertanggung jawab pada tugas dan wewenang yang lebih (kerja rangkap) 3) ekstrakurikuler dilaksanakan selama satu tahun dengan pertemuan satu kali dalam satu minggu pada hari rabu pukul 09.30-10.30 dengan model pembelajaran langsung dan metode demonstrasi bertempatkan di aula lantai dua dan penggunaan salon sebagai penunjang kegiatan tersebut 4) menggunakan catatan anekdot penilaian unjuk kerja dokumentasi dan pementasan untuk melihat ketercapaian tujuan pembelajaran Saran dalam penelitian ini ialah dilihat dari pengelolaan yang telah terealisasikan dengan baik merupakan ekstrakurikuler yang diutamakan dan wajib maka sebaiknya ekstrakurikuler ini dirubah menjadi kegiatan intrakurikuler karena implikasinya yang juga menunjang pada akademik siswa.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S2 Pendidikan Anak Usia Dini |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 29 Dec 2022 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2022 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/322210 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |