Proses belajar generasi sandwich dalam membangun ketahanan keluarga (studi kasus di Desa Sumberpucung Kabupaten Malang) / Devinta Dwiky Arimbi</p> - Repositori Universitas Negeri Malang

Proses belajar generasi sandwich dalam membangun ketahanan keluarga (studi kasus di Desa Sumberpucung Kabupaten Malang) / Devinta Dwiky Arimbi</p>

Arimbi, Devinta Dwiky (2024) Proses belajar generasi sandwich dalam membangun ketahanan keluarga (studi kasus di Desa Sumberpucung Kabupaten Malang) / Devinta Dwiky Arimbi</p>. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Abstrak Membangun ketahanan keluarga dilakukan dengan tujuan untuk mengatasi permasalahan ndash permasalahan dalam aspek psikologis yang muncul dan dirasakan oleh generasi sandwich serta dapat mewujudkan keluarga yang harmonis. Penelitian ini dilaksanakan untuk melihat bagaimana proses belajar pasangan generasi sandwich dalam membangun ketahanan keluarga di Desa Sumberpucung Kabupaten Malang. Tujuan penelitian ini adalah 1) untuk menjelaskan karakteristik keluarga generasi sandwich di Desa Sumberpucung dan 2) menganalisis proses belajar generasi sandwich dalam membangun ketahanan keluarga di Desa Sumberpucung. Metode penelitian ini menggunakan penndekatan kualitatif dengan jenis studi kasus teknik pengumpulan data melalui observasi dan wawancara. Subjek penelitian ini terdiri dari empat orang yaitu pasangan suami istri generasi sandwich orangtua generasi sandwich dan anak dari generasi sandwich. Teknik analisis data meliputi pengumpulan data reduksi data penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Karakteristik keluarga generasi sandwich di Desa Sumberpucung dilihat dari keadaan fisik bahwa pasangan generasi sandwich mengalami kelelahan fisik dalam bekerja untuk mencukupi kebutuhan keluarga. Keadaan finansial dari keluarga generasi sandwich adalah mereka tidak mempunyai tabungan dan asuransi kesehatan. Keadaan psikologis pasangan generasi sandwich mengalami perasaan cemas ketika tidak dapat memenuhi kebutuhan keluarganya (2) generasi sandwich membangun ketahanan keluarga pada aspek psikologis melalui tiga proses pembelajaran yaitu pembelajaran untuk menyelesaikan permasalahan dengan keterbukaan komunikasi dengan anggota keluarga dan bersikap saling terbuka pembelajaran untuk mengendalikan emosi secara positif dengan merespon stress secara efektif dan pembelajaran untuk membangun konsep diri dengan memandang suatu keadaan menjadi rasa syukur dan sabar.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Sekolah (PLS) > S2 Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: library UM
Date Deposited: 04 Jun 2024 04:29
Last Modified: 09 Sep 2024 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/322145

Actions (login required)

View Item View Item