Isnawati, Riza Isnawati (2024) Hubungan kemampuan edukasi orang tua, ketersediaan sarana pembelajaran, ketersediaan lingkungan pembelajaran dengan keberhasilan pembelajaran homeschooling / Riza Isnawati</p>. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
RINGKASAN Isnawati Riza. 2023. Hubungan Kemampuan Edukasi Orang Tua Ketersediaan sarana Pembelajaran Ketersediaan Lingkungan Pembelajaran Terhadap keberhasilan Proses Belajar Homeschooling. Tesis Program Studi Magister Pendidikan Luar Sekolah Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Lasi Purwito M.S (2) Dr. M. Ishaq M.Pd. Kata Kunci Kemampuan edukasi Ketersediaan sarana Lingkungan Keberhasilan belajar Homeschooling Homeschooling adalah pendidikan nonformal yang menjangkau segala kalangan baik mampu ataupun tidak mampu dan dari kota juga ke daerah pelosok. Untuk keberhasilan belajar orang tua perlu mewaspadai aspek- aspek untuk menjadikan keberhasilan proses pembelajaran yang bisa dijangkau oleh semua kalangan. Di antaranya kemampuan edukasi orang tua ketersediaan sarana belajar ketersediaan lingkungan dalam pembelajaran homeschooling. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan analisis linear berganda dan pemilihan sampel purposive sampling yang bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kemampuan edukasi dari orang tua ketersediaan sarana dan lingkungan terhadap keberhasilan proses belajar homeschooling. Berikut uji yang dilakukan yaitu uji validitas dilakukan dengan teknik pearson product moment uji reliabilitas uji asumsi klasik berupa uji normalitas uji multikolinearitas uji heteroskedastisitas. Hasil dari penelitian ini menyatakan bahwa kemampuan edukasi orang tua ketersediaan sarana belajar dan ketersediaan lingkungan belajar bersama berpengaruh positif dan signifikan terhadap keberhasilan pembelajaran homeschooling. Hasil analisis data kemampuan edukasi orang tua tidak berpengaruh signifikan terhadap keberhasilan pembelajaran homeschooling. Hasil analisis data ketersediaan sarana pembelajaran homeschooling berpengaruh positif dan signifikan terhadap keberhasilan pembelajaran homeschooling. Juga memiliki korelasi antara ketersediaan sarana belajar terhadap keberhasilan pembelajaran homeschooling terdapat hubungan yang kuat. Berdasarkan dari data variabel ketersediaan lingkungan belajar memberi pengaruh positif dan signifikan terhadap keberhasilan proses pembelajaran homeschooling. Sedangkan untuk nilai korelasi antara ketersediaan lingkungan belajar terhadap keberhasilan pembelajaran homeschooling memiliki hubungan yang kuat. Saran penelitian ini adalah dari penelitian berharap agar para orang tua anak homeschooling untuk lebih memperhatikan aspek-aspek penunjang keberhasila belajar sebelum memutuskan homeschooling. Jika merasa belum sanggup dalam memenuhi kebutuhan anak homeschooling lebih baik mencari bantuan pada komunitas belajar.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Sekolah (PLS) > S2 Pendidikan Luar Sekolah |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 14 May 2024 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2024 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/322144 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |