Manajemen, pembelajaran inklusi (Studi kasus di SMP Negeri 18 Malang) / Pertama Laily Wahyuningtyas - Repositori Universitas Negeri Malang

Manajemen, pembelajaran inklusi (Studi kasus di SMP Negeri 18 Malang) / Pertama Laily Wahyuningtyas

Wayuningtyas, Pertama Laily (2010) Manajemen, pembelajaran inklusi (Studi kasus di SMP Negeri 18 Malang) / Pertama Laily Wahyuningtyas. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Wahyuningtyas Permata Laily. 2009. Manajemen Pembelajaran Inklusi (Studi Kasus di SMP Negeri 18 Malang). Skripsi Jurusan Administrasi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. H. A. Supriyanto M. Pd M. Si. Pembimbing (II) Dra. Maisyaroh M. Pd. Kata kunci manajemen pembelajaran inklusi. Pendidikan merupakan usaha untuk membina kepribadian dalam diri. Untuk itu pemerintah selalu menggalakkan peningkatan mutu pendidikan. Meningkatkan mutu pendidikan pada dasarnya menjadi kunci utama dalam sebuah pendidikan yang mana untuk menyukseskan pembangunan nasional. Mutu pendidikan yang berkualitas selalu diarahkan untuk mengembangkan sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas agar tercapai tujuan pendidikan yang diharapkan. Dalam Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 pasal 5 ayat (1) tentang Sistem Pendidikan Nasional (SISDIKNAS) yang menyebutkan bahwa setiap warga negara mempunyai hak yang sama untuk memperoleh pendidikan yang bermutu. Hal tersebut memberi kesempatan kepada semua orang untuk mengenyam pendidikan tidak terkecuali bagi yang berkebutuhan khusus dalam bentuk pendidikan inklusi. Pendidikan inklusi merupakan pendidikan anak berkebutuhan khusus yang dididik bersama-sama anak lainnya (normal) untuk mengoptimalkan potensi yang dimilikinya. SMP Negeri 18 Malang merupakan satu-satunya sekolah menengah pertama di Kota Malang yang menerapkan pembelajaran inklusi. Berdasarkan uraian di atas maka peneliti tertarik untuk mengkaji lebih dalam tentang manajemen pembelajaran inklusi di SMP Negeri 18 Malang. Ada lima fokus dalam penelitian ini yaitu (1) bagaimana perencanaan pembelajaran inklusi di SMP Negeri 18 Malang (2) bagaimana pelaksanaan pembelajaran inklusi di SMP Negeri 18 Malang (3) bagaimana penilaian pembelajaran inklusi di SMP Negeri 18 Malang (4) apa saja faktor pendukung dan penghambat pembelajaran inklusi di SMP Negeri 18 Malang dan (5) bagaimana strategi pemecahan masalah pembelajaran inklusi di SMP Negeri 18 Malang . Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi (1) wawancara terbuka dan tidak terstruktur (2) observasi berperan serta dan (3) studi dokumentasi. Data yang diperoleh dari ketiga teknik tersebut ditafsirkan dan dianalisis. Keabsahan data diuji dengan menggunakan teknik triangulasi metode dan triangulasi sumber. Selain itu dengan menggunakan teknik ketekunan pengamatan. Temuan penelitian ini yaitu (1) dalam perencanaan pembelajaran inklusi secara teknis untuk siswa berkebutuhan khusus saat ini adalah pembelajaran secara in class dan out class (2) dalam pelaksanaan pembelajaran inklusi guru pendidik khusus menggunakan strategi pembelajaran untuk pengorganisasian kelas terlihat siswa berkebutuhan khusus didampingi oleh guru pendidik khusus (3) penilaian dari pembelajaran inklusi disesuaikan dengan model kurikulum yang digunakan. Penyesuaian kurikulum diimplementasikan dalam bentuk program pembelajaran individualisasi (PPI). PPI merupakan program pembelajaran yang disusun sesuai dengan kebutuhan individu dengan bobot materi berbeda dari kelompok kelas dan dilaksanakan dalam setting klasikal (4) faktor-faktor pendukung dari pembelajaran inklusi antara lain sarana dan prasarana guru pendamping untuk siswa berkebutuhan khusus dan partisipasi orangtua sedangkan faktor penghambat dari pembelajaran inklusi adalah dari siswanya itu sendiri dan (5) untuk mengatasi permasalahan dari pembelajaran inklusi adalah dengan kerjasama antara guru dan guru pendidik khusus dalam memberikan asesmen dan menyusun program pengajaran. Dari hasil penelitian disarankan sebagai berikut (1) bagi guru dan guru pendidik khusus hendaknya lebih bervariasi dalam mengajar agar ABK tetap memiliki semangat dan kemauan dalam mengikuti proses belajar-mengajar (2) bagi Dinas Pendidikan hasil penelitian ini hendaknya dapat digunakan sebagai umpan balik sekaligus bahan kajian dalam rangka penyelenggaraan sekolah inklusi di tingkat menengah baik negeri maupun swasta sehingga dapat terwujud pemerataan pendidikan bagi siswa berkebutuhan khusus melalui pendidikan inklusi (3) bagi peneliti lain agar dapat meneliti pembelajaran inklusi dari substansi manajemen pendidikan yang lainnya atau tetap pada substansi yang sama akan tetapi pada latar penelitian yang berbeda dan (4) bagi orangtua siswa diharapkan orangtua siswa hendaknya memberikan perhatian yang lebih besar pada perkembangan anak selama di rumah dan di sekolah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S1 Administrasi Pendidikan
Depositing User: library UM
Date Deposited: 18 Mar 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/3221

Actions (login required)

View Item View Item